riau24 Tim Satgas Karlahut Tangkap 44 Orang Pelaku Pembakar Lahan dan Hutan | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Tim Satgas Karlahut Tangkap 44 Orang Pelaku Pembakar Lahan dan Hutan

0
Berita Riau -  Tim Satgas Karlahut Tangkap 44 Orang Pelaku Pembakar Lahan dan Hutan

Pekanbaru, Riau24.com- Komandan Korem (Damrem) 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi mengatakan dari 34 kasus Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di Riau tahun 20q6, 44 orang pelaku pembakar tersebut telah berhasil diringkus Tim Satgas Darurat Karlahut Provinsi Riau.

Pelaku pembakar lahan yang tertangkap tersebut berada di lima kabupaten dan kota pesisir timur Riau yaitu Rokan Hilir, Pelalawan, Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai.

"Alhamdulillah, para pelaku sudah tertangkap. Ini merupakan prestasi yang meningkat dibandingkan tahun lalu. Tahun 2015 lalu dalam waktu enam bulan, kami berhasil menangkap 71 orang, dan tahun ini dari 34 kasus kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Riau, dalam waktu satu bulan Tim Satgas sudah menangkap 44 orang," kata Nurendi yang saat ini juga dipercaya menjadi Komandan Satgas Siaga darurat Karlahut Riau.

Ia juga menuturkan tidak ada perlakuan khusus untuk para pelaku pembakaran lahan yang sudah ditangkap. "Tidak ada perlakuan khusus, apalagi sampai dibebaskan. Kalau ada yang diperlakukan khusus, silakan laporkan kepada penegak hukum," ujarnya.

"Kalau para pelaku  melanggar ketentuan dan peraturan yang berlaku, serta dilengkapi alat bukti yang cukup, pasti akan dihukum dan dipenjara," jelasnya lagi.

Selanjutnya Nurendi juga mengimbau kepada Lurah dan Kepala Desa agar mengingatkan masyarakatnya untuk membuka lahan dengan cara gotong-royong.

"Kalau mau buka lahan, lakukan secara bersama-sama karena kita mengenal asas kebersamaan dan gotong-royong. Kenapa ini tidak dilakukan, padahal merupakan warisan nenek moyang. Kita harus mengaktifkan lagi kegiatan gotong-royong dan  kebersamaan," paparnya.

R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru