riau24 Diterjang Angin Puting Beliung, 31Rumah di Rohul Rusak | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Diterjang Angin Puting Beliung, 31Rumah di Rohul Rusak

0
Berita Riau -  Diterjang Angin Puting Beliung, 31Rumah di Rohul Rusak
Rohul, Riau24.com- Sekira 31 rumah warga Desa Lubuk Napal, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) rusak diterjang puting beliung, Rabu (23/3/2016) malam sekira pukul 21.00 WIB. Tujuh rumah di antaranya mengalami rusak berat.
Warga mengungkapkan, hujan disertai angin dengan suara menderu menerjang desanya Rabu malam tadi, tak hanya menumbangkan pohon-pohon dekat pemukiman, namun turut menerbangkan atap rumah warga.
 
Puluhan Kepala Keluarga di Desa Lubuk Napal terpaksa mengungsi ke tempat aman, seperti masjid dan sekolah. Dan Kamis (24/3/2016) pagi, mereka membuat dapur umum.
 
Sekretaris Desa Lubuk Napal, Firdaus, mengatakan selain merusak rumah warga, angin kencang turut merusak tanaman warga.
 
"Rumah orang tua saya yang paling parah, kini tak bisa di tempat lagi, semuanya rusak. Jumlah rumah seluruhnya masih dilakukan pendataan," ujar Firdaus dan mengakui warganya mengharapkan PLN memperbaiki jaringan listrik yang putus di desanya.
 
Kamis pagi tadi, Wakil Kapolres Rohul Kompol Indra Setiawan, Danramil 02 Rambah Kapten Arm Alza Septendi, Kasat Lantas Polres Rohul AKP Amru Hutauruk, serta anggota DPRD Rohul H. Amron Rosadi, dan BPBD Rohul turun ke Desa Lubuk Napal, melihat kondisi warga.
 
Puluhan anggota TNI dan Polri, serta warga Lubuk Napal bergotong-royong memperbaiki rumah warga yang mengalami kerusakan, akibat diterjang puting beliung.
 
Warga juga memilih mengungsi dan masak bersama di halaman rumah. Sementara waktu, warga belum berani masuk ke rumah, karena mengalami kerusakan.
 
Danramil 02 Rambah, Kapten Arm Alza Septendi, mengatakan sedikitnya 13 personil TNI diturunkan untuk membantu memperbaiki rumah warga Lubuk Napal yang mengalami kerusakan ringan dan kerusakan berat.
 
"Kita minta masyarakat tetap waspada memantau angin puting beliung susulan. Pohon-pohon yang berpotensi tumbang sebaiknya ditumbang," imbau Kapten Arm Alza.
 
Masih di tempat sama, Wakapolres Rohul Kompol Indra mengatakan Polri turun ke Desa Lubuk Napal untuk warga yang tertimpa bencana puting beliung.
 
"Keselamatan diri harus diperhatikan. Jika terjadi peristiwa susulan segera saling mengingatkan ke warga lain," sarannya ke warga Desa Lubuk Napal.
 
Anggota DPRD Rohul dari Partai Persatuan Pembangunan, Amron Rosadi, meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rohul lebih proaktif. Diakuinya, banyak rumah warga setempat yang mengalami rusak berat, dan membutuhkan bantuan dari pemerintah.
 
Amron mengakui tidak ada korban jiwa dan warga yang luka saat bencana puting beliung, namun puluhan rumah rusak, termasuk tanaman.
 
 
 
R24/adi/ags
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru