riau24 Dampak Perlambatan Ekonomi Terhadap Kondisi Ketenagakerjaan Perusahaan | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Dampak Perlambatan Ekonomi Terhadap Kondisi Ketenagakerjaan Perusahaan

1
Berita Riau -  Dampak Perlambatan Ekonomi Terhadap Kondisi Ketenagakerjaan Perusahaan
Pekanbaru, Riau24.com- Berdasarkan hasil qiuck survei terhadap 24 perusahaan di sektor pertambangan dan penggalian, industri perkebunan dan pengolahan kelapa sawit maupun karet serta perdagangan di Provinsi Riau, tercatat bahwa 50 persen contact menginformasikan bahwa jumlah tenaga kerja mengalami penurunan.
 
Hal ini disampaikan oleh Deputi Direktur Bank Indonesia Provinsi Riau, Ismet Inono bahwa penurunan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti tidak diperpanjangnya kontrak tenaga kerja tidak tetap yang memiliki kinerja dibawah standar perusahaan, resign atau pensiunnya pegawai yang tidak digantikan dengan penambahan pegawai baru sebagai upaya efisiensi.
 
Faktor lainnya, kata Ismet, adalah menurunnya tenaga kerja borongan karena menurunnya produksi, di PHK nya pegawai yang sudah tidak produktif dan dimutasikannya pegawai ke subsektor lain perusahaan.
 
Sementara itu, 38 persen contact lainnya memutuskan untuk tetap mempertahankan jumlah tenaga kerja yang ada.
 
"Penambahan jumlah tenaga kerja dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di subsektor industri perkebunan dan pengolahan kelapa sawit seiring dengan optimisme perusahaan terhadap peningkatan permintaan dan perbaikan kondisi ekonomi kedepan," ungkap Ismet.
 
Terkait dengan paket kebijakan dan arah kebijakan daerah, contact di subsektor utama menyatakan bahwa deregulasi dalam bentuk paket kebijakan ekonomi tahap I, II dan III khususnya yang terkait dengan kegiatan investasi, ekspor dan biaya energi diperkirakan akan berpengaruh kepada perusahaan karena dapat mendorong iklim investasi dan gairah dunia usaha sepanjang paket kebijakan ekonomi dimaksud terealisasi sesuai dengan yang direncanakan.
 
"Kedepannya, sebagian besar responden berharap agar pemerintah konsisten dalam memberikan insentif investasi kepada pelaku usaha, memberikan kemudahan perizinan yang dapat meningkatkan ketahanan dan daya saing industri," ujarnya.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Mukmin
Selasa, 29 Maret 2016 00:21 wib
Pemerintah harap lihat berita ini
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru