riau24 Ibu dan Bayi Tewas saat Persalinan, Massa Kepung RSUD Sorong | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Peristiwa

Ibu dan Bayi Tewas saat Persalinan, Massa Kepung RSUD Sorong

1
Berita Riau -  Ibu dan Bayi Tewas saat Persalinan, Massa Kepung RSUD Sorong
Sorong, Riau24.com - Puluhan massa mengepung RSUD Kota Sorong, karena rumah sakit terlambat menangani pasien ibu dan anak yang dikandungnya hingga akhirnya keduanya tewas. Sebelumnya Ruth Mosso seorang ibu dan bayi di dalam kandungannya meninggal dunia di RSUD Sorong, Papua Barat, karena diduga terlambat dalam penanganan, Senin (28/3/2016) sore tadi. 

Akibatnya puluhan keluarga pasien yang tidak terima dengan kondisi tersebut, mendatangi rumah sakit untuk meminta pertanggung jawaban pihak dokter yang menangani anak mereka. 

Mereka juga menuntut pihak rumah sakit yang dianggap tak memikirkan sisi kemanusian dan terlambat  dalam memberikan pertolongan medis.

Ayah pasien yang meninggal dunia, Robby Mosso mengatakan, pihaknya sangat kecewa dengan penanganan yang dilakukan oleh pihak dokter di RSUD Kota Sorong yang menyebabkan anak mereka serta janin di dalam kandungannya meninggal dunia.

“Saya sebagai ayah dari korban sangat kecewa dengan kejadian ini, penanganan dokter di rumah sakit sangat tidak memikrikan sisi kemanusian, anak serta cucu saya akhirnya meninggal karena tidak mendapat pertolongan dan perawatan yang terbaik,” ungkap Robby.

Menurut Robby, pihaknya sudah bermohon kepada pihak rumah sakit agar anak mereka yang telah menanti proses persalinan segera dapat ditolong. Namun dokter seolah-olah membiarkan anaknya begitu saja hingga meninggal dunia.

“Kami sudah mohon mohon kepada dokter, soal biaya tidak masalah, tapi ini dokter acuh tak acuh dan anggap remeh nyawa anak saya, yang akhirnya anak dan cucu saya didalam kandungan meninggal dunia,” ujar Robby kesal.

Atas kejadian ini, Robby meminta pihak Pemerintah Sorong segera memecat sleuruh pelayan medis di rumah sakit RSUD Sorong dan meminta pihak Kepolisian untuk mengusut kasus ini.

“Mereka memberikan pelayanan kurang baik, ini nyawa manusia bukan binatang, kenapa harus diperlakukan seperti ini. Apa karena anak saya memakai Kartu Indonesia Sehat sehingga tidak segera dilayani, " timpal Robby.

Sementara itu isak tangis pecah di rumah duka korban penelantaran pihak rumah sakit RSUD Sorong. 

Keluarga histeris dan kecewa karena anak mereka Ruth Mosso (18)  serta cucu mereka yang berada di dalam kandungan meninggal dunia.

Sementara itu pihak RSUD Sorong, membantah adanya tudingan pihak keluarga, Kepala ruangan Persalinan, Suster Wihelmina mengatakan, pasien sebelum diambil tindakan persalinan, mempunyai riwayat penyakit darah tinggi dan dirawat terlebih dahulu. 

Namun setelah pihak medis akan melakukan tindakan persalinan, namun Tuhan berkehendak lain, pasien dan anaknya meninggal dunia.

“Pasien awalnya masuk mempunyai riwayat penyakit darah tinggi, kita obati dulu sakit itu, dan setelah itu, saat kami mau melakukan proses persalinan, pasien meninggal dunia, yang diawali oleh meninggalnya sang bayi di dalam kandungan,” jelas Suster Wihelmina.

Terkait dengan hal tersebut, Direktrur RSUD Sorong, Jerry Nikkijuluw, mengatakan, proses penanganan terhadap pasien ibu hamil mulai dari proses pendaftaran dengan menggunakan Kartu Indonesia Sehat, hingga proses persalinan telah berjalan sesuai prosedur.

“Jadi dugaan kami ada riwayat penyakit lain yang dialami pasien, dan meninggal dunia berama anaknya, untuk proses pelayanan, saya tegaskan kami sudah bekerja sesuai prosedur dan tidak ada pungutan biaya apa-apa,” jelas Jerry.

Menurut Jerry, atas kejadian ini, pihak rumah sakit tetap bertanggungjawab dengan membiayai pelayanan proses pemakaman jenazah dan lainnya.


R24/dev/sin
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Kamis, 16 November 2017 09:03 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/lWQKb4j.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru