riau24 Heldayati : Ratusan Depot Air Isi Ulang tak Miliki Rekomendasi dari Diskes  | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Heldayati : Ratusan Depot Air Isi Ulang tak Miliki Rekomendasi dari Diskes 

0
Berita Riau -  Heldayati : Ratusan Depot Air Isi Ulang tak Miliki Rekomendasi dari Diskes 
Pekanbaru, Riau24.com - Seiring menjamurnya pertumbuhan depot air minum isi ulang di Pekanbaru, hal ini disikapi oleh Dinas Kesehatan (Diskes) dengan melakukan pendataan. Dari pendataan tersebut diketahui hanya 152 depot yang memiliki rekomendasi.
 
"Kita telah melakukan pendataan depot air minum isi ulang di Kota Pekanbaru. Dan dari hasil pendataan tersebut tercatat sebanyak 530 depot, tapi yang memiliki rekomendasi dari Diskes hanya 152 depot." kata Heldayati kepada wartawan, Selasa, ketika dikonfirmasi mengenai pendataan perizinan.
 
Dikatakannya, ratusan depot itu tersebar merata di Pekanbaru. Hanya saja, didalam menertibkan depot-depot yang tidak memiliki rekomendasi tersebut, pihaknya tidak bisa melakukan sendiri. Artinya perlu ada dibentuk tim untuk penertiban depot-depot yang tidak memiliki rekom izin tersebut. 
 
Disinggung tentang nama dan lokasi depot-depot tidak berekomendasi atau izin tersebut, Heldayati menyebutkan untuk sementara belum bisa dipublikasikan atau dijadikan konsumsi publik. Karena masalah tersebut masih perlu dibicarakan bersama dengan sejumlah instansi terkait.
 
Heldayati mengaku, pihaknya tidak tahu kenapa pengelola dari depot tidak mengurus rekomendasi. Padahal Diskes rutin setiap tahun melakukan sosialisasi pada pengelola depot. Namun kewajibannya belum juga dilaksanakan oleh pihak pengusaha.
 
"Memang untuk mendapatkan rekomendasi dari Diskes ada banyak persyaratan yang harus bisa dipenuhi oleh pengelola depot air. Diantara lain harus ada uji kelayakan melalui sampel air yang belum disterilisasi, air akan diminum, tidak mengandung zat bakteri E Coli," sebut Heldayati.
 
"Air minum isi ulang tidak boleh mengandung bakteri E Coli. Karena dapat membahaya kan kesehatan. Jika syarat-syarat yang ditetapkan sudah dipenuhi, maka kami akan secepatnya keluarkan surat rekomendasi. Maka diminta segera urus perizinan," pintanya.
 
Heldayati juga menyebutkan bagi pengelola depot air yang sudah memiliki surat rekomendasi, diharapkan dapat memajangnya di dinding. Dengan maksud agar pelanggan dapat melihat. Sehingga tidak ada rasa was-was lagi mengkonsumsi air yang dihasilkan dari depot itu.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru