riau24 Bangunan Miring Ini Bukti Tanah di Jakarta Ambles | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Bangunan Miring Ini Bukti Tanah di Jakarta Ambles

1
Menara Syahbandar di Sunda Kelapa, Jakarta Utara, tampak miring ke satu arah.
Berita Riau -  Bangunan Miring Ini Bukti Tanah di Jakarta Ambles

Jakarta, Riau24.com - Menara Syahbandar yang berada di Jalan Pasar Ikan Raya, Jakarta Utara, kini disebut sebagai menara miring. Miringnya menara tersebut tak serta merta terjadi begitu saja.

Menara yang didirikan pada 1893 itu mengalami kemiringan sekitar lima derajat ke arah selatan. Kemiringan ini diduga terjadi lantaran fondasi bangunan ambles karena tanah yang menopangnya mengalami penurunan.

Ahli Geodesi Institut Teknologi Bandung Hasanuddin Z Abidin tak menampik anggapan tanah Jakarta ambles. Hasanuddin menerangkan, tanah di wilayah Jakarta Utara, banyak mengalami penurunan. Penurunan ini terjadi bahkan sejak 1974.

“Kalau di Jakarta itu penurunan tanah paling besar terjadi di bagian utara dan barat,” kata Hasanuddin kepada Liputan6.com, Senin 14 Maret 2016.

Hasanuddin menjelaskan, daerah Pasar Ikan, yang merupakan wilayah tempat Menara Syahbandar berdiri, merupakan daerah yang paling besar mengalami penurunan tanah. Besaran penurunannya mencapai 10 sentimeter per tahun. “Pasar ikan lebih parah. Ada yang lebih dari 10,” jelas dia.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Kamis, 16 November 2017 09:04 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/lWQKb4j.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru