riau24 Kisah Sukses Emriadi, Mitra Bina SME CD RAPP Kuansing | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Kisah Sukses Emriadi, Mitra Bina SME CD RAPP Kuansing

3
Service Emriadi
Berita Riau -  Kisah Sukses Emriadi, Mitra Bina SME CD RAPP Kuansing

Kuansing, Riau24.com - Bertahun-tahun Emriadi (36) salah seorang warga Kuansing bekerja sebagai penyadap karet dan terkadang bertukang. Dengan pekerjaan seperti itu, ia hanya mampu berpenghasilan antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per harinya.
Bertahun-tahun pekerjaan tersebut ia lakoni sambil menyelipkan doa dan keinginan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik agar bisa meningkatkan taraf hidupnya.

Akhirnya doa dan keinginan Emriadi terkabul. Tahun 2002 Emriadi terpilih untuk mengikuti pelatihan montir sepeda motor yang ditaja oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melalui program Community Development (CD) bidang Usaha Kecil Menengah (UMK) atau Small Medium Enterprise (SME). Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat tempatan sekitar operasional.

“Kami bersyukur bisa diberikan kesempatan dan ikut pelatihan montir sepeda motor tahun 2002 lalu. Pelatihan yang diberikan pun sangat membantu kami memahami cara kerja mesin sepeda motor. Awalnya, saya bertanya dalam hati, apa saya bisa. Tapi saya jalani saja, saya belajar sedikit demi sedikit, tiga bulan kemudian, saya akhirnya bisa buka bengkel sendiri. Alhamdulillah, senangnya luar biasa. Nama bengkel saya Emriadi Service. Saya beri nama itu agar bengkel ini dikenal orang dengan nama pemiliknya,” ungkap Emriadi, mitra bina SME CD RAPP dari Benai kabupaten Kuantan Singingi.

Diceritakan, awalnya ia tidak memiliki pengetahuan sedikitpun tentang mesin sepeda motor. Bahkan, sempat tidak yakin mampu memahami mesin sepeda motor. Namun karena tekad belajar yang kuat serta ingin mewujudkan kehidupan yang lebih baik, dirinya pun memberanikan untuk ikut pelatihan mekanik atau montir sepeda motor sampai akhirnya bisa membuka bengkel sendiri.

Diungkapkannya, bengkel yang di buka tersebut juga dibantu RAPP berupa peralatan bengkel dan satu unit kompresor. Berkat binaan program tersebut, akhirnya bisa memiliki usaha sendiri serta juga dapat memberikan lapangan pekerjaan untuk orang lain lewat bengkelnya.

“Alhamdulillah, saya sekarang punya montir yang membantu, Ini berkat program RAPP yang telah memberikan kesempatan. Sekarang saya bisa menafkahi keluarga dan punya penghasilan lumayan sekitar 3 jutaan dan saya juga bersyukur dimonitor setiap bulan oleh tim dari RAPP. Ini membuat saya semangat untuk bekerja,” paparnya.

CD Officer RAPP Estate Cerenti, Ismed Inono mengatakan RAPP memiliki komitmen melalui program CD untuk membantu perekonomian masyarakat sekitar wilayah perusahaan. Dijelaskan Ismet, terdapat dua program yang dimiliki oleh SME di antaranya fokus terhadap kemitraan usaha dan kewirausahaan.

“Jadi ruang lingkup kemitraan usaha meliputi pengusaha lokal yang dibina SME pekerjaannya berhubungan langsung dengan perusahaan, seperti rental bus karyawan, rental bus anak sekolah, pengadaan tenaga kerja dan lainnya, nah sedangkan ruang lingkup kewirausahaan, itu berupa usaha masyarakat seperti bengkel motor, warung dan lainnya,” jelas Ismed.

Hingga saat ini, sebanyak 11 orang dari tujuh desa telah menjadi Mitra Usaha dan empat orang dari empat desa di Cirenti membuka usaha.

Koordinator Regional CD RAPP wilayah Kuansing, Mahmud Hasyim mengatakan sejak tahun 1999 RAPP telah memberikan pelayanan kepadapelaku UKM ini. Di antaranya, pemberian pelatihan, pendampingan usaha dan pemberian modal usaha.

“Minimal sebulan sekali kami monitoring bagaimana perkembangan usaha mereka. Ratusan masyarakat tingkat perekonomiannya telah sejahtera lewat program ini,” ujarnya.

Selain memberikan pelayanan kepada pelaku UKM, Mahmud menjelaskan, RAPP juga mensosialisasikan kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh perusahaan.

“Karena kita beroperasi disekitar masyarakat, kita harus mensosialisasikan apa saja program dan kebijakan perusahaan yang harus diketahui masyarakat. Supaya masyarakat juga dapat mengetahui apa saja yang kita kerjakan dan juga mereka dapat mengawasi kami,” tukasnya.



R24/dev/zar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Caitlin
Rabu, 30 Maret 2016 17:38 wib
betul..harus ada perhatian dari perusahaan besar buat masyarakat sekitar
Aulia
Rabu, 30 Maret 2016 17:36 wib
pengen dibantu juga nih ama RAPP
Badia
Rabu, 30 Maret 2016 17:35 wib
harusnya perusahaan seperti ini jangan hanya ngambil keuntungan sepihak, tapi masyarakat sekitar harus dibantu juga
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru