riau24 Jokowi Geram Bunga Pinjaman Masih Tinggi | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Jokowi Geram Bunga Pinjaman Masih Tinggi

2
Ilustrasi
Berita Riau -  Jokowi Geram Bunga Pinjaman Masih Tinggi

Jakarta, Riau24.com - Pemerintah terus berupaya melakukan berbagai cara agar suku bunga pinjaman (lending rate) perbankan nasional bisa turun serendah-rendahnya, atau berada di posisi satu digit. Hal ini dilakukan, guna memperlancar roda perekonomian nasional.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengaku heran dengan besaran suku bunga pinjaman yang masih terlampau tinggi untuk sebuah negara berkembang seperti Indonesia. Padahal, bunga pinjaman di negara-negara Asia justru rendah hingga nol persen.

"Apa yang salah? Apa mungkin karena cost of fund (biaya dana) yang tinggi, karena dipengaruhi banyak hal seperti bunga deposito yang tinggi," ujar Jokowi, sapaan Joko Widodo saat ditemui di Balai Kartini Jakarta, Rabu 30 Maret 2016.

Jokowi menegaskan, pemerintah akan segera mengatur penetapan suku bunga deposito. Dengan kebijakan ini, maka potensi penurunan bunga kredit pun akan semakin besar.

Meski begitu, mantan orang nomor satu di DKI Jakarta ini mengatakan, langkah ini bukan sebagai bentuk intervensi yang dilakukan pemerintah untuk menekan suku bunga pinjaman. Menurutnya, hal ini akan disinkronkan sesuai dengan keadaan kebijakan moneter dan fiskal dalam negeri.

“Kami selalu koordinasi dengan BI (Bank Indonesia) dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk mencarikan solusinya. Ini bukan intervensi,” ujarnya menegaskan.

Sebagai informasi saat ini suku bunga kredit perbankan nasional rata-rata 9-12 persen.


R24/dev/viv 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Tio
Rabu, 30 Maret 2016 16:53 wib
atur ajalah gimana baiknya pak yang penting rakyat senang
Kikan
Rabu, 30 Maret 2016 16:52 wib
kalo bank bunga ga besar, daripada bisa gaji karyawan pak... kalau mau bunga bank kecil, jangan hanya bank pemerintah spt bni ato mandiri aja yang disubsidi, bank swasta lainnya juga donk
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru