riau24 Miris, Nenek Miskin Harus Bayar Sewa Gubuk ke Anak Tiri | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Peristiwa

Miris, Nenek Miskin Harus Bayar Sewa Gubuk ke Anak Tiri

1
Mbah Poni dirumahnya yang tidak layak huni
Berita Riau -  Miris, Nenek Miskin Harus Bayar Sewa Gubuk ke Anak Tiri

Mojokerto, Riau24.com – Melesatnya pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mojokerto tak dibarengi dengan kondisi sosial serta kesejahteraan warganya. Di beberapa tempat, masih terdapat warga yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Banyak warga miskin yang luput dari perhatian pemerintah daerah. Seperti yang dialami Poniti, nenek renta yang tinggal di Dusun Pakem Kulon, Desa Panggih, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto ini.

Poniti hidup sebatangkara. Ia tak memilik satupun saudara. "Dari mana nak?," Sapa Poniti saat didatangi rumahnya belum lama ini.

Di gubuk berukuran 4 meter persegi ini, Poniti menjalani sisa hidupnya. Lantainya beralaskan tanah. Bambu yang jadi dinding, pun mulai rapuh dimakan usia.

Kondisi di dalam rumah pun tak beda jauh. Di setiap sudut atap bangunan, lubang menganga terlihat cukup jelas. Jika hujan, Poniti harus pindah ke lantai. Ia berlindung di bawah kolong tempat tidurnya, untuk menghindari tetesan air.

"Rumahnya tidak layak. Semua sudah rusak. Kalau hujan bocor," tambahnya.

Mengaku lahir tahun 1912, Mbah Poni, begitu ia disapa sudah tak dapat berbuat apa-apa lagi. Pendengaran dan penglihatannya telah kabur. Bahkan untuk berjalan saja, kakinya sudah tak mampu menahan beban tubuh. Hanya tongkat bambu yang menopangnya menjalani aktifitas sehari-hari.

"Sudah lima tahun saya tinggal disini. Nyewa sama anak," jelasnya.

Kesengsaraan hidup Poniti setidaknya telah dijalani selama lima tahun belakangan. Sejak sepeninggalan Sujai suaminya tiga tahun lalu, praktis kehidupannya semakin menderita. Untuk makan sehari-hari, ia biasa mengandalkan pemberian warga setempat secara bergilir.

"Kalau tidak ada yang memberi, ya tidak makan. Saya sudah tidak bisa bekerja lagi sekarang," terangnya

Untuk keperluan lain, satu-satunya yang bisa ia jadikan andalan adalah keluarga Ponadi, tetangga dari Poniti. Hampir setiap hari, Ponadi selalu mengirimkan makanan untuk Poniti.

"Ya sehari saya kasih dua kali makan pagi dan sore. Kadang kalau longgar rumahnya saya bersihkan," ungkapnya.

Ponadi menjelaskan jika tetangganya itu sebenarnya masih memiliki keluarga tiri. Lima anak tirinya masih hidup dan tinggal di satu desa yang sama. Namun kelima anak tirinya itu tak pernah sekalipun menjenguk Poniti.

Bahkan, tanah dan rumah yang Poniti tinggali saat ini masih sah milik salah satu anak tirinya. "Jangankan dijenguk, lha wong tinggal di rumah ini saja masih dimintai uang sewa Rp 800 ribu kok," tambah Ponadi.

Pihaknya berharap, ada uluran tangan dari Pemkab Mojokerto untuk membantu Poniti.

Terpisah Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mojokerto, Hariyono menyatakan, sudah melakukan identifikasi terhadap terlantarnya Poniti. Namun proses evakuasi ke panti Wredha sebagai langkah yang tepat, hingga kini masih terganjal oleh administrasi dari Desa Setempat.

"Selama ini belum pernah ada laporan dari Desa setempat. Sehingga kami masih terganjal administrasi," ujarnya.

Menurutnya, seharusnya Poniti sudah dipindahkan ke panti Wredha sejak lama. Ia masuk kategori lansia yang terlantar. Tidak adanya informasi yang masuk ke telinganya, membuat evakuasi Poniti baru bisa dilakukan saat ini.

"Makanya itu, kira akan evaluasi. Saya berharap bisa membentuk tim reaksi cepat, sehingga masalah seperti ini bisa cepat ditangani," pungkasnya.


R24/dev/oke 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 17 November 2017 17:58 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/XEgqzEP.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru