riau24 Jokowi Batalkan Rencana Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Nasional

Jokowi Batalkan Rencana Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

1
Berita Riau -  Jokowi Batalkan Rencana Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Riau24.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya membatalkan rencana pemerintah menaikkan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Awalnya, rencana kenaikan untuk kelas III tersebut adalah Rp25.500 diusulkan naik menjadi Rp30 ribu. Pembatalan kenaikan ini dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 tahun 2016. 

"Yang sebelumnya diusulkan untuk dinaikkan dalam Perpres 19 menjadi Rp30 ribu dari Rp25.500. Presiden memutuskan untuk dikembalikan. Artinya tetap diberlakukan untuk rakyat untuk masyarakat itu Rp25.500," kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung di Istana Presiden, Jakarta, Kamis, 31 Maret 2016.

Pramono menjelaskan, bahwa usulan kenaikan ini sebenarnya melalui proses yang panjang yang dimulai sejak Februari 2015. Setelah dilakukan harmonisasi maka usulan itu sampai kepada Presiden Jokowi.

Namun ternyata justru muncul reaksi protes dari berbagai kalangan baik dari masyarakat maupun DPR.

"Kami melihat dalam kondisi seperti ini maka untuk kelas III perlu ada perlindungan yang diberi, negara hadir dalam persoalan itu," ujar Pramono menambahkan.

Oleh karena itu, pemerintah masih tetap akan menyubsidi iuran BPJS Kesehatan untuk kelas III. Menurut Pramono, pengguna BPJS Kesehatan paling besar memang ada di kategori tersebut.

Selain itu diberikan pula fasilitas yang memungkinkan pasien kelas III dirawat di kelas I jika mengalami penyakit yang parah.

"Jadi masuk sebagai anggota iuran kelas III tetapi dalam perjalanan, ketika dia sakit perlu perawatan kelas I, sekarang diperbolehkan."

(mus)

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 17 November 2017 17:57 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/XEgqzEP.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru