riau24 Niat Sumbangkan Sepatu, Lionel Messi Diamuk | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Sport

Niat Sumbangkan Sepatu, Lionel Messi Diamuk

0
Berita Riau -  Niat Sumbangkan Sepatu, Lionel Messi Diamuk

Jakarta, Riau24.com - Apa yang terjadi jika Anda tidak mengerti kebiasaan atau budaya jika berkunjung ke tempat asing? Bisa jadi, Anda akan dianggap menghina. Hal ini dialami sendiri oleh bintang sepak bola dunia Lionel Messi. Dia ingin memberi sumbangan kepada rakyat Mesir, tapi malah berujung pada amukan.

Dalam sebuah wawancara di stasiun televisi MBC saluran Mesir, Messi berkata kepada pembawa acara dia ingin mendonasikan sepatunya untuk lelang amal. Wawancara tersebut berlangsung pekan lalu.

Messi tampaknya tidak mengerti budaya rakyat Mesir, yang sebagian besar adalah etnis Arab. Alhasil, niat baiknya justru berujung amarah. Banyak rakyat Mesir merasa tersinggung dan meluapkan amarah mereka di media sosial.

"Ini merupakan hal paling menjijikkan. Dia membayar ribuan dolar dan pada akhirnya dia mendonasikan sepatunya dan presenter bodoh itu sangat senang," kicau pemilik akun @Sala77ar7ash.

"Nama Mesir lebih besar ketimbang sepatu Messi. Ini penghinaan besar bagi Mesir," kicau pemilik akun @sulimanahmad670.

Messi tampaknya tak paham. Dalam budaya Arab, menunjukkan sol sepatu dapat dilihat sebagai penghinaan. Orang Arab cenderung akan menyerang apabila ada seseorang yang menunjukkan sol sepatu kepadanya.

Hal ini pernah terjadi saat Presiden Amerika Serikat George W Bush menggelar konferensi pers di Baghdad, 2008 silam. Seorang wartawan bernama Muntasir Al Zaydi melempar sepatu kepada Bush sebagai bentuk protes atas kebijakannya.

Sepatu dapat dianggap sebagai barang kotor karena bersentuhan dengan tanah dan dihubungkan dengan kaki, bagian paling rendah dari tubuh. Tidak hanya Messi, presenter acara tersebut, Mona Al Sharqawi juga menjadi bulan-bulanan lantaran menerima sepatu Messi dengan tangan sembari tersenyum.

"Bangun bangsa Arab, dan cium aroma kopi. Tidak ada waktu untuk tidur. Dia (presenter) seharusnya menolak sumbangan tersebut," kicau @awatifalqaisey.

Anggota Parlemen Mesir Said Hasasin turut dibuat marah atas ulah Messi. Dalam sebuah acara yang disiarkan stasiun televisi swasta Al Asimah TV, Said mengatakan akan menyumbangkan sepatunya kepada Messi.

"Kami tidak pernah dipermalukan seperti ini selama 7.000 tahun sejarah peradaban kami. Saya akan lempar kamu dengan sepatu saya, Messi. Saya akan berikan sepatu saya pada Argentina," kata Said sembari mengangkat sepatunya.


R24/dev/dre 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru