riau24 Intip Kocek Pemilik Kartu Kredit, Ini Kata Menkeu | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Bisnis

Intip Kocek Pemilik Kartu Kredit, Ini Kata Menkeu

0
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro
Berita Riau -  Intip Kocek Pemilik Kartu Kredit, Ini Kata Menkeu

Jakarta, Riau24.com - Kementerian Keuangan mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 39/PMK.03/2016 tentang Rincian Jenis Data dan Informasi yang Berkaitan dengan perpajakan. Bagaimana dengan UU kerahasiaan bank?

Atas hal ini, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro bilang, PMK Nomor 39/PMK.03/2016 bertujuan untuk mengetahui profil dari Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) yang menggunakan kartu kredit.

"Yang penting data, ini diperlukan untuk mengetahui profil WP orang pribadi. Kita ingin melihat profil belanjanya," papar Bambang di Kantor Kemenkeu, Jakarta.

Bambang beralasan, cara ini terpaksa ditempuh guna menghindari benturan dengan UU Perbankan. Dalam UU Perbankan, kerahasiaan nasabah bank dijunjung tinggi. Termasuk, pemerintah tak bisa menembus data rekening nasabah bank. "Karena kita kan gak punya akses ke rekening simpanan bank sesuai UU perbankan, makanya keluar PMK ini," kata Menkeu Bambang.

Menkeu Bambang pun menjamin, pemilik kartu kredit tidak perlu takut, terkait informasi data yang bakal disedot Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan. Karena, DJP hanya mencocokan antara pendapatan dengan belanja pemilik kartu kredit.

"Yang ingin kita lihat profil belanja. Belanja itu, salah satunya lewat kartu kredit. Kita ingin liat profilnya saja. Misalnya kamu, income cuma Rp 5 juta, tapi belanja kartu kredit kamu sampai Rp 20 juta, berarti kamu mengaku (pendapatan) Rp 5 jutanya selama ini, tidak benar. Jadi pajaknya (SPT) harus diperbaiki. Itu saja," papar Bambang.

"Kita bukan ngecek limit-limitan kita cuma me-macthing antara kartu kredit yang dimiliki seseorang dengan profil pajaknya," lanjut Bambang.

Terakhir, kata Bambang, Ditjen Pajak akan menyisir seluruh perbankan yang mengeluarkan kartu kredit untuk mencocokan apakah pendapatan nasabah, sama dengan pengeluaran kartu kredit mereka. "Pokoknya semua bank yang ngeluarin kartu kredit. Itu identifikasi terakhir yang kita miliki. Kan enggak semua bank ngeluarin kartu kredit," tandasnya.


R24/dev/ini 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru