riau24 Jalankan Intruksi Presiden, TNI di Rohul Turun ke Sawah | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Jalankan Intruksi Presiden, TNI di Rohul Turun ke Sawah

3
Berita Riau -  Jalankan Intruksi Presiden, TNI di Rohul Turun ke Sawah
Rohul, Riau24.com- Memasuki musim tanam padi, diperkirakan mulai 15 April 2016 mendatang, aparat Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) rajin turun ke sawah.
 
Aksi turun ke sawah ini setelah TNI diberi mandat oleh Presiden RI Joko Widodo untuk mengawal Program Ketahanan Pangan yang telah dicanangkan pemerintah beberapa tahun terakhir.
 
Seperti dilakukan Babinsa Koramil 02 Rambah, Kopda Dedy Nofery Samosir. Personil TNI ini ikut turun ke sawah milik petani dari Kelompok Tani Rimbo Hapar, Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah.
 
"Aksi turun ke sawah ini dalam upaya untuk mensukseskan Program Ketahanan Pangan yang telah dicanangkan pemerintah," ujar Kopda Dedy kepada riau24.com, Sabtu (2/4/2016).
 
Ia mengharapkan, Program Ketahanan Pangan di Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah berjalan baik meski alat pertanian petani masih terbatas.
 
Kopda Dedy juga ikut membantu petani dan memberikan penyuluhan cara menggunakan hand tractor, agar pembajakan sawah milik petani optimal. Petani di Desa Suka Maju sendiri mulai menggesa pembajakan sawah, karena diperkirakan mulai 15 April nanti, mereka memasuki musim tanam padi jenis Legawa.
 
Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Rimbo Hapar, Anwar Daulay, mengakui kelompok mereka masih minim alat pertanian. Untuk pembajakan sawah mereka masih menyewa hand tractor, dan pakai dana swadaya.
 
"Dana untuk menyewa alat (hand tractor) pakai dana swadaya sebesar Rp1,5 juta per hektar," jelas Anwar.
 
Diakuinya susahnya menjadi petani. Pasalnya di saat ekonomi sedang sulit seperti saat ini, mereka terpaksa menyewa hand tractor dengan harga dirasa mahal.
 
Anwar mengharapkan kelompoknya mendapat bantuan hand tractor dari pemerintah, sehingga anggota kelompoknya tak lagi menyewa alat untuk membajak sawah, menjelang musim panen padi.
 
 
R24/adi/ags
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Hanim
Sabtu, 02 April 2016 19:44 wib
moga sukses ya pak.tni
Iza
Sabtu, 02 April 2016 19:43 wib
yok ke kampung kami pak. kta bajak sama sama
Karim
Sabtu, 02 April 2016 19:42 wib
yg smangat pak tara
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru