riau24 World TB Day 2016, Diskes Riau Gelar Kampanye "Temukan Obat Sampai Sembuh" | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

World TB Day 2016, Diskes Riau Gelar Kampanye "Temukan Obat Sampai Sembuh"

1
Plt Gubri membubuhkan stempel tangan dengan cat warna warni diatas kain putih
Berita Riau -  World TB Day 2016, Diskes Riau Gelar Kampanye
Pekanbaru, Riau24.com-Memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia (World TB Day) Provinsi Riau
Pada hari puncak World TB Day tahun ini,  Dinas Kesehatan Provinsi Riau melaksanakan kegiatan yang berbeda, yaitu dengan melaksanakan Kampanye TOSS TB ( Temukan, Obati Sampai Sembuh Tuberkulosis) dengan cara menggandeng 300 mahasiswa kesehatan yang tergabung dalam organisasi Ikatan Pemuda Mahasiswa Kesehatan Riau (IPM-KesRi) dengan membubuhkan stempel tangan dengan cat warna warni diatas kain putih sepanjang Jalan Diponegoro. Acara ini juga dihadiri Plt Gubernur Riau.
 
Koordinator acara Rozita mengatakan, konsep yang diusung kali ini bermaksud untuk menggalang komitmen bersama antara pemerintah, swasta kali ini bergandengan dengan PT Pegadaian Wilayah II Pekanbaru, mahasiswa IPM-KesRi, komunitas Miss Teen dan Mister Indonesia serta komunitas lainnya dan masyarakat luas untuk peduli TB, dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitarnya sesuai dengan Tema World TB Day 2016 "Unite To End TB" Gerakan Bersama Menuju Indonesia Bebas TB yang ditandai dengan pembacaan komitmen bersama dan membubuhkan stempel tangan diatas kain putih sepanjang Jalan Diponegoro Pekanbaru sehingga semua masyarakat peduli dengan TB.
 
Selain itu ia juga menjelaskan bahwa selain aksi di area Car Free Day, di Media Sosial besok pagi juga akan digerakkan massa untuk menembus trending topic worldwide dengan hastag #UniteToEndTB #TOSSTB #DinkesRiau #Pegadaian #IPM_KesRi #WorldTBDay2016
 
"Kami berharap, dengan kegiatan ini dapat merangkul masyarakat untuk ikut peduli TB dan bersama bergandengan tangan bergerak serentak membebaskan Riau dari Tuberkulosis" 
 
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril, SKM, M.Kes mengatakan bahwa kegiatan mahasiswa ini merupakan kegiatan yang ke empat kalinya dilakukan bersama Dinkes.
 
Tentu saja kami mengucapkan terimakasih kepada IPM-Kesri  dan berharap kegiatan ini dapat dicontoh oleh program-program lain dalam mengerahkan massa dan merangkul anak-anak muda seperti mahasiswa-mahasiswa ini, ini adalah kegiatan positif yang sangat membantu Dinas Kesehatan dalam mensosialisasikan program Dinkes kepada stake holder dan masyarakat.
 
"Kita juga mengucapkan terimakasih kepada PT Pegadaian Wilayah II Pekanbaru yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan ini, semoga kolaborasi ini dapat kita teruskan dalam mendukung program kesehatan di Provinsi Riau. Kegiatan ini kebetulan juga bersempena dengan Ulang Tahun PT. Pegadaian ke 115 yang jatuh pada tanggal 1 April.
 
Seperti yang sering saya sampaikan, bahwa masalah kesehatan tidak akan bisa diselesaikan oleh orang kesehatan saja, tapi perlu komitmen kita semua untuk peduli dan mendukung program kesehatan terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
 
Untuk itu saya menghimbau kepada kita semua untuk datang meramaikan Area Car Free Day besok pagi, dan menyatakan komitmen kita semua untuk peduli TB dan ikut membubuhkan stempel tangan di Jalan Diponegoro, "ajaknya bersemangat.
 
Penyakit TB sendiri adalah penyakit yang identik dengan kemiskinan, perlu komitmen dan dukungan semua pihak agar Riau Bebas TB dapat dicapai dengan mensosialisasikan program TOSS TB kepada semua pihak.
 
TB atau Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan kuman Mycobacterium Tuberculosis. Penyakit ini masih masalah di dunia, termasuk di Indonesia dimana menurut Laporan TB Global tahun 2012 yang dikeluarkan oleh WHO, prevalensi TB di Indonesia diperkirakan 281/100.000 penduduk dengan Incident Rate 187/100.000 penduduk.
 
Di Riau sendiri, tahun 2015 kasus BTA + yang ditemukan sebesar 43% (4.222 kasus), sedangkan angka Case Notification Rate (CNR) semua kasus 92 per 100.000. Hal ini berdampak belum maksimalnya dalam penemuan dan tatalaksana TB, serta adanya kecenderungan kkbalan obat ganda (MDR=Multiple Drug Resistance)
 
Hari TB Sedunia (HTBS) diperingati setiap tanggal 24 Maret sebagai momen untuk meningktkan komiten dan kesadran masyarakat tentang pentingnya pengendalin TB.

R24/adi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Ceci
Minggu, 03 April 2016 19:46 wib
semoga kita dpatkan obatnya
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru