riau24 BI Mulai Antisipasi Lonjakan Inflasi Jelang Lebaran | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

BI Mulai Antisipasi Lonjakan Inflasi Jelang Lebaran

1
Berita Riau -  BI Mulai Antisipasi Lonjakan Inflasi Jelang Lebaran
Jakarta, Riau24.com- Bank Indonesia (BI) menilai tingkat inflasi Maret 2016 masih sesuai dengan target inflasi akhir tahun di kisaran 4 plus/minus 1 persen. Kendati demikian, bank sentral mewaspadai potensi lonjakan inflasi yang biasa terjadi menjelang puasa dan lebaran.

“Inflasi Maret masih dalam range-nya Bank Indonesia. Range BI kan antara 3-5,” tutur Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara saat ditemui di Kompleks Perkantoran Bank Indonesia, Jumat (1/4).

Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini melaporkan realisasi inflasi sebesar 0,19 persen pada bulan lalu. Secara kumulatif inflasi tahun kalender (Januari-Maret) tercatat sebesar 0,62 persen. Apabila dibandingkan dengan inflasi bulan yang sama tahun lalu, laju inflasi tahunan (year on year) Maret tercatat sebesar 4,45 persen.

Namun sebaiknya, kata Mirza, inflasi tahunan dijaga di bawah 4,5 persen mengingat asumsi pemerintah yang tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 adalah 4,7 persen.

Selain itu, lanjutnya, terjaganya inflasi akan menentukan optimalisasi upaya pemerintah dan bank sentral menekan tingkat suku bunga kredit perbankan hingga akhir tahun. Pasalnya, tingkat inflasi merupakan salah satu faktor penentu suku bunga dana simpanan dan kredit.

“Jadi, kalau mau suku bunganya turun itu inflasinya harus turun. Kemudian, kalau mau bicara suku bunga kredit, suku bunga kredit itu pasti di atas suku bunga dana,” ujarnya.

Mantan Kepala Ekonomi Bank Mandiri ini mengungkapkan realisasi inflasi Maret lebih rendah dibandingkan survei yang telah dilakukan BI. Namun demikian, Mirza menilai pemerintah dan BI masih perlu waspada dalam menjaga inflasi bulanan yang biasanya dipicu oleh kenaikan harga bahan pangan (volatile food).

“Apalagi ke depan kita mau memasuki bulan puasa, bulan Juni, nanti panen. Lewat masa panen padi itu juga perlu kita waspadai inflasi bahan pangan,” ujarnya.

R24/uci/cnn
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 17 November 2017 18:02 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/XEgqzEP.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru