riau24 Menteri Anies: 7,6 Juta Siswa Ikut UN Tahun Ini | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Nasional

Menteri Anies: 7,6 Juta Siswa Ikut UN Tahun Ini

1
Berita Riau -  Menteri Anies: 7,6 Juta Siswa Ikut UN Tahun Ini

Riau24.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengemukakan ujian nasional tahun ini diikuti 7,6 juta siswa di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 921 ribu siswa mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

"Angka itu (jumlah siswa ikut UNBK) naik sembilan kali lipat dibandingkan tahun lalu," ujar Anies dalam wawancara dengan tvOne, Senin, 4 April 2016.

Hari ini, ujian nasional untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat dimulai. UN untuk tingkat SMA digelar mulai Senin, 4 April 2016 hingga Rabu, 6 April 2016. Adapun untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat akan digelar mulai 9 Mei 2016.

Anies memantau pelaksanaan ujian nasional di Surabaya, Jawa Timur, hari ini. Surabaya merupakan wilayah yang 100 persen sekolahnya memakai sistem UNBK. 

Dengan UNBK, kata Anies, tidak ada lagi kegiatan pengamanan soal dan distribusi soal ujian. Biasanya, para guru telah berada di sub rayon pukul 04.00 WIB untuk mengambil soal. Namun, sekarang dengan sistem UNBK, sudah tidak ada lagi pengambilan soal ujian tersebut.

Hal itu karena soal telah di-download sejak tiga hari lalu. Jumlah soal mencapai ribuan. "Tidak bisa bocor. Soal yang keluar setiap ujian dirandom untuk setiap anak berbeda," ujar Anies.

Berdasarkan pembicaraannya dengan para siswa, kata Anies, penggunaan komputer saat ujian bisa menghemat waktu 30-40 persen. 

Untuk ke depannya, menurut Anies, ujian dengan berbasis komputer bisa menghadirkan variasi soal lebih tinggi, pertanyaanya bisa lebih interaktif, pola jawaban bervariasi. 

Sebelumnya, situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melansir UNBK tahun 2016 diikuti 921 ribu siswa. Rinciannya sekitar 156.171 siswa SMP dan MTs, serta sekitar 267.230 siswa SMA dan MA di seluruh Indonesia, sedangkan untuk SMK sekitar 498,177 siswa. (ase)

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 17 November 2017 18:18 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/XEgqzEP.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru