riau24 Ambang Batas Syarat Calon Independen Naik Bukan Dipicu Ahok | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Politik

Ambang Batas Syarat Calon Independen Naik Bukan Dipicu Ahok

1
Berita Riau -  Ambang Batas Syarat Calon Independen Naik Bukan Dipicu Ahok

Riau24.com – Ketua Komisi II DPR RI Rambe Kamarul Zaman membantah bahwa wacana DPR untuk menaikkan ambang batas syarat calon perseorangan karena dipicu Pilkada DKI Jakarta. Menurutnya, usulan itu semata-mata demi keadilan dan menaikkan kualitas demokrasi Indonesia.

"Jadi ini bukan maksud untuk mempersulit. Tapi bagi daerah yang jumlah penduduk kecil, syarat 6,5-10 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) terlalu mudah, jadi harus dinaikkan 10-15 persen," kata Rambe di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu, 3 April 2016.

Rambe menegaskan bahwa usulan wakil rakyat tersebut juga bukan pesanan pihak-pihak tertentu. "Tidak ada pesanan, bukan menghambat pula. Kami itu tidak ingin kayak kacang goreng. Seseorang dengan mudah bisa menjadi calon bupati atau kepala daerah," kata dia.

Diketahui, ambang batas syarat calon independen maju dalam pilkada saat ini 6,5 hingga 10 persen. Rencananya, angka itu akan dinaikkan menjadi 10-15 persen atau 15-20 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Menurut Rambe, sejatinya wacana atau usulan itu guna menaikkan kualitas calon-calon perseorangan yang akan mendaftar diri maju dalam pilkada.

"Jadi ini agar calon-calon independen yang berkualitas yang akan tersaring. Agar soal pencalonan itu tidak dibuat mainan dalam konteks demokrasi pemilihan kepala daerah," kata politikus Partai Golkar tersebut. (ase)

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 17:48 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !!
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru