riau24 Plt Gubri Janji Dorong Kembangkan Batik Kerajinan SMKN 4 Pekanbaru | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Plt Gubri Janji Dorong Kembangkan Batik Kerajinan SMKN 4 Pekanbaru

0
Berita Riau -  Plt Gubri Janji Dorong Kembangkan Batik Kerajinan SMKN 4 Pekanbaru
Pekanbaru, Riau24.com- Di sela-sela tinjauan Ujian Nasional (UN) 2016 di SMKN 4 Pekanbaru, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyempatkan diri meninjau kerajinan tangan hasil praktek siswa SMKN 4 Pekanbaru.
 
Diawali meninjau ruang praktek menjahit, lalu dilanjutkan di ruang praktek studio tekstil. Plt Gubri langsung melihat pembuatan batik tulis yang dilakukan para siswa SMKN 4 Pekanbaru.
 
Dari hasil-hasil karya siswa-siswa, Plt Gubri yakin betul ketika lulus SMKN 4 Pekanbaru para siswa yang tidak bisa melanjutkan jenjang ke perguruan tinggi sudah memiliki kemampuan untuk masuk ke pasar kerja, atau menjadi wiraswasta.
 
"Dari hasil karya anak-anak kita tadi, saya kira cukup menarik untuk dipasarkan, hanya saja tinggal bagaimana kita mendorong menyediakan fasilitas, dan mendorong siswa-siswa untuk serius menekuni karya," katanya.
 
Disamping itu, saat meninjau ruang praktek studio tekstil SMKN 4 Pekanbaru, Plt Gubri tak lupa memberikan saran dan masukan. Terutama soal gedung praktek, dimana gedung yang berukuran memanjang dengan tinggi itu dinilai kurang presentatif, sehingga terasa panas saat di dalam ruangan.
 
Karena itu, Plt Gubri menyarankan agar ventilasi gedung yang dipasang kaca agar diganti dengan kawat kasa, sehingga ada sirkulasi udara. Dia berjanji akan terus mendorong karya-karya anak negeri dengan membantu menyediakan fasilitas.
 
"Tadi berdasarkan pengakuan Kepsek SMKN 4, siswa mereka sudah bisa membuat batik. Untuk satu kain batik siswa bisa menyelesaikan 2-3 tiga hari. Nah, ini yang akan kita dorong terus, dalam menumbuhkan ekonomi kreatif Riau kedepan," ujarnya.
 
Salah satu pembuat kain batik, Nurika Chairani. Siswa kelas XI SMKN 4 ini mengaku tidak butuh lama untuk belajar bisa membatik, tidak butuh waktu bertahun-tahun, semua tergantung dengan niat dan kemauan.
 
"Untuk satu batik biasanya membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari bang, semua tergantung motifnya. Kalau motif biasa butuh waktu 2 hari, sedangkan kalau motifnya banyak butuh waktu 3 hari,"jelasnya.
 
 
R24/adi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru