riau24 Kisah Sukses Mahyudin, Mitra Bina PT. MPE CD RAPP Pelalawan | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Kisah Sukses Mahyudin, Mitra Bina PT. MPE CD RAPP Pelalawan

0
Bp. Mahyudin
Berita Riau -  Kisah Sukses Mahyudin, Mitra Bina PT. MPE CD RAPP Pelalawan

Pelalawan, Riau24.com - Pernah mengalami masa sulit dalam menjalankan usaha tidak serta merta membuat semangat Mahyudin menjadi lemah dan putus asa. 
Dimulai dari usaha kayu yang telah digelutinya selama bertahun-tahun yang harus ditutup karena terkena praktek illegal logging. 

Namun dengan adanya tekad baja dan kemauan untuk memiliki usaha yang lebih baik, Mahyudin sukses menjalankan usahanya dengan menjadi mitra bina PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melalui program Usaha Kecil dan Menengah (Small Medium Enterprises), Community Development (CD).  Saat ini Mahyudin merupakan anggota PT Mitra Pelalawan Setia (MPE) yang merupakan mitra RAPP untuk penyediaan transportasi air atau yang akrab disebut pompong.

Tahun 2005, Mahyudin mulai menjalin kerjasama dengan PT. RAPP. Saat itu ia bekerjasama sebagai kontraktor dalam pengadaan colt diesel untuk pengairan di Nursery RAPP (area pembibitan). 
Namun kegigihan Mahyudin tidak hanya disitu saja, ia terus memutar otak untuk mencari usaha yang lain. Berbagai peluang usaha mulai dilirik oleh  Mahyudin salah satunya dengan usaha loading/unloading di gudang RAPP. 
Pada awal tahun 2006, Mahyudin pun mendapatkan kontrak dari RAPP untuk penyediaan alat transportasi air atau pompong. Alat pompong ini digunakan sebagai  alat angkut pupuk dan bibit.  

 “Jatuh bangun dalam berwirausaha sudah saya rasakan berkali-kali. Dari menjadi pengusaha kayu yang pada akhirnya harus saya tutup akibat praktek ilegal logging, hingg menjajaki peluang usaha pompong dan menjadi mitra dari PT. RAPP. Awalnya, saya tidak memiliki pompong satu unit pun. Saat itu saya hanya sebagai perantara saja,” kenang Mahyudin.

Namun, nasib baik berpihak pada Mahyudin setelah ia bergabung dengan PT Mitra Pelalawan Setia, saat ini ia dan rekan-rekannya sudah memiliki 22 unit pompong 17 speedboat. Selain itu untuk menambah ilmu dan mengasah keterampilannya, tak jarang Mahyudin mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Community Development (CD) RAPP.
 

“RAPP banyak mengubah hidup saya. Ilmu yang diberikan oleh RAPP sangat berguna, karena bagi saya prinsipnya materi yang kita miliki sebanyak apapun kalau tidak dikelola dengan baik tidak akan bertahan lama. Namun kalau kita memiliki ilmu, akan berguna selamanya baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Menjalin kerjasama dengn RAPP saya anggap merupakan babak yang sangat penting dalam hidup saya. Hidup saya menjadi tenang, karena sudah memiliki pendapatan yang tetap. Dan saya juga mampu membahagiakan banyak orang. Beberapa kali mengikuti pelatihan, mampu mengubah mindset saya. Mindset saya terbentuk dan menyadarkan saya untuk selalu bekerja selalu berada dalam tim. Saya sangat berharap dengan menjalin kerjasama dengan PT. RAPP dapat mengurangi tingkat pengangguran yang ada di daerah ,” ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas CD Manager RAPP, Sundari Berlian menyampaikan bahwa program Community Development adalah program pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap lingkungan social untuk mewujudkan cita-cita perusahaan.

“PT RAPP memiliki cita-cita, yakni tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Oleh karena itu, kami selalu berupaya agar dapat melibatkan lebih banyak masyarakat dalam program yang dijalankan, sehingga perusahaan dapat memberi dampak yang besar kepada masyarakat. Saya juga sangat berharap melalui kisash kesuksesan yang diraih oleh Bp Mahyudin, dapat tertular kepada rekan-rekannya yang lain sebagi mitra bina RAPP. Karena kesuksesan seseorang mampu menjadi motivasi yang luar biasa bagi orang lain,” tutupnya.



R24/dev/shi

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru