riau24 AMAN Desak Pihak Berwajib Usut Tuntas Dugaan Korupsi Syafril Tamun | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

AMAN Desak Pihak Berwajib Usut Tuntas Dugaan Korupsi Syafril Tamun

0
Berita Riau -  AMAN Desak Pihak Berwajib Usut Tuntas Dugaan Korupsi Syafril Tamun
Pekanbaru, Riau24.com- Puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Riau Madani (AMAN), Senin (4/4/2016) siang lakukan demo di depan Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) dan Mapolda Riau. Mereka mendesak penyidik mengusut tuntas dugaan korupsi yang diduga melibatkan Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Riau, Syafril Tamun.
 
Menurut mereka, Syafril Tamun pernah diperiksa Kejati Riau terkait korupsi pembangunan Danau Kebun Nopi di Kuansing dan terlibat dalam sejumlah kasus korupsi lainnya.
 
"Sejumlah penyimpangan terjadi di institusi yang dipimpinnya dan mengakibatkan kerugian pada negara hingga miliaran rupiah," kata Koordinator Lapangan Aksi, Muttaqin Nasri.
 
Selain itu, mereka juga menyoroti dugaan korupsi pada pelaksanaan kegiatan proyek paket peningkatan jalan Pasir Pengaraian-Dalu-Dalu dengan bilai kontrak sebesar Rp 22.798.888.888,45 pada tahun 2015.
 
Menurut Nasri, terjadi berbagai kecurangan mulai dari pengurangan volume kegiatan yang sebenarnya, hingga manipulasi bahan material lapangan dimana jalan tersebut ditemukan sudah banyak yang rusak dan hancur.
 
"Syafril Tamun juga harus bertanggungjawab dalam dugaan praktek korupsi pada peningkatan jalan Pantai Cermin-Petapahan dengan nilai kontrak Rp2.223.052.6999,91 tahun 2015 yang dikerjakan PT Semangat Hasrat Jaya.Pengerjaannya diduga tak sesuai bestek," lanjutnya.
 
Massa ini juga meminta Kejati Riau untuk membuka mata dan jeli pada pelaksanaan pekerjaan untuk APBD Riau tahun 2016, dimana peluang para pejabat maupun PNS untuk melakukan tindak pidana korupsi sangat terbuka.
 
Menanggapi aksi ini, Kasi Penkum dan Humas Kejati Riau, Mukhzan memberi respon positif. Ia mengatakan hal ini merupakan kontrol dari masyarakat terhadap kinerja kejaksaan.
 
"Kasus Kebun Nopi masih dalam penanganan. Kami harap teman-teman bersabar dan terus memberi dukungan kepada kami," ujar Mukhzan.
 
Terkait kasus lainnya, Mukhzan berjanji akan mempelajari laporan dan berkas yang disampaikan. "Pemberantasan tindak pidana korupsi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Membutuhkan penanganan yang ekstra."
 
Sebelumnya, massa memulai aksinya dengan menggelar longmarch dari Jalan Cut Nyak Dien menuju Tugu Zapin. Disana mereka sempat menyampaikan orasi singkat, lengkap dengan spanduk tuntutan. Lalu pendemo bergerak menuju Mapolda Riau dengan dikawal anggota Satuan Lalu Lintas. 
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru