riau24 Kemenag Diharapkan Bantu Jelaskan Macetnya Visa Umroh | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Kemenag Diharapkan Bantu Jelaskan Macetnya Visa Umroh

1
Berita Riau -  Kemenag Diharapkan Bantu Jelaskan Macetnya Visa Umroh
Jakarta, Riau24.com- Ribuan traveler jamaah umroh gagal berangkat ke Tanah Suci gara-gara visa belum keluar. Kemenag diharapkan bisa bantu menjelaskan duduk perkara visa umroh ini.
 
"Kemenag mungkin bisa bantu jelaskan ke masyarakat yang gagal berangkat. Itu bukan kesalahan penyelenggara, tapi Kedubes Arab Saudi kesulitan soal visa ini," kata Direktur Anta Umroh, Iwan Giwangkara dalam perbincangan dengan detikTravel, Selasa (5/4/2016).
 
Menurut Iwan, masalah visa ini membuat ramai seluruh travel umroh. Ribuan jamaah umroh belum bisa diberangkatkan dari berbagai daerah di Indonesia. Para travel umroh saling berbagi informasi kondisi terakhir.
 
"Kebetulan kami tidak ada jadwal keberangkatan tanggal 5-7 April. Terakhir kita berangkatkan jamaah tanggal 4 April dan masih kebagian visa. Tapi kasihan teman-teman yang lain. Katanya tanggal 6-7 sudah bisa keluar visanya," ujarnya.
 
Iwan mengingatkan soal konsep Lima Pasti dari pemerintah. Pasti travel umrohnya, pasti jadwal berangkatnya, pasti pesawatnya, pasti hotelnya dan terakhir yang paling vital adalah pasti visanya.
 
"Nah masalahnya visa ini bergantung pada kedutaan dan kedutaan bergantung sama pemerintah mereka di Arab Saudi. Kita nggak bisa berbuat apa-apa, itu domain mereka. Buat jamaah yang terganggu mohon sabar, kita semua berusaha sebaik mungkin," kata dia.
 
Sebelumnya, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) Jawa Timur mengatakan untuk Jawa Timur saja ada 2.800 yang gagal berangkat. Amphuri sudah melapor ke Kemenag.
 
Amphuri juga mengingatkan kepada travel umroh, meski ada kondisi seperti ini agar tetap bertanggung jawab kepada jamaah. Jangan sampai mereka dibiarkan terlantar.
 
"Saya yakin (travel penyelenggara umroh) yang punya SK pasti bertanggung jawab dan menginapkan di hotel. Tapi kadang ada yang tidak mau pulang ke rumahnya karena sudah terlanjur berangkat. Nggak tahu yang tidak punya SK, bisa saja jamaahnya ditinggal pergi," kata Fauzi Mahendra, Sekretaris DPD Amphuri Jawa Timur.
 
 
R24/adi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 17 November 2017 18:19 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/XEgqzEP.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru