riau24 Pemko Gelar Bimtek Penanganan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Pemko Gelar Bimtek Penanganan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan

0
Berita Riau -  Pemko Gelar Bimtek Penanganan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan

Dumai, Riau24.com – Pemerintah Kota (Pemko) melalui Badan KB PP dan PA Kota Dumai menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Penanganan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan.
Bimtek tersebut secara resmi dibuka oleh Walikota Dumai Drs Zulkifli As yang diwakili Sekda Kota Dumai DR Said Mustafa pada Selasa (5/4) bertempat di Ruang Rapat RSUD, jalan Sultan Syarief Kasim, Dumai.
Dalam sambutannya, Sekda sangat mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan ini, karena pada saat ini bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak semakin meningkat.
“ Upaya menghapus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Indonesia khusunya di Kota Dumai sudah banyak dilakukan oleh pemerintah. Kenyataan yang ada dalam kehidupan sehari-hari, masih nampak dengan jelas diskriminasi terhadap perempuan masih terjadi, baik secara sembunyi-sembunyi maupun secara terang-terangan,” ujar Said.
Menurut Sekda, Kekerasan terhadap perempuan dalam hal ini tidak hanya kekerasan dilingkungan rumah tangga saja, tetapi juga di wilayah konflik/bencana serta di bidang ketenagakerjaan.
“ Seyogyanya kita tidak menginginkan hal ini terjadi, namun sekiranya segala pencegahan dan usaha kita tersebut tidak membuahkan hasil, perlu dilakukan langkah-langkah yang tepat dalam menjamin pelayanan medis yang baik terhadap korban kekerasan tersebut. Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi terhadap perlindungan lebih lanjut jika pada akhirnya kekerasan tersebut terjadi,” tuturnya.
Selaku Pemerintah Kota Dumai, Sekda sangat medukung usaha-usaha dalam menggapai tekat yang telah dicetuskan bersama tersebut.Dimana, Bimtek yang dilaksanakan ini merupakan salah satu usaha kearah yang tepat dalam memberikan pelayanan makmsimal bagi korban kekerasan.
Pada dasarnya, kata Said, terdapat empat hak pokok bagi anak-anak sesuai dengan amanat konstitusi, yaitu: hak perawatan dan pengasuhan, hak kesehatan, hak pendidikan dan rekreasi, dan hak perlindungan dari kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi. Hal ini ditambah lagi dengan amanat mengimplementasikan kesamaan gender yang merupakan tujuan bersama.
“ Melalui Bimtek yang diselenggarakan oleh Badan KBPP dan PA Kota Dumai, diharapkan dapat memerikan tambahan pengetahuan tentang bagaimana menghadapi dan memberikan pertolongan serta bantuan Terhadap Perempuan dan Anak sesuai dengan amanah Undang-Undang,” harapnya.
Sekda berpesan kepada para peserta, atensi dan keseriusannya sangat dituntut dalam mengikuti Bimtek ini hingga tuntas nantinya.


R24/dev/dik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru