riau24 Waw..Pindang Ikan Raksasa ini Pecah Tekor Muri | Berita Riau
Minggu, 11 Desember 2016

Waw..Pindang Ikan Raksasa ini Pecah Tekor Muri

0
Berita Riau -  Waw..Pindang Ikan Raksasa ini Pecah Tekor Muri
Sukabumi, Riau24.com- Ikan tuna raksasa seberat 32,85 kilogram dengan panjang 1,52 meter dan lingkar dada sepanjang 33 centimeter, dibuat pindang oleh warga asal Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Pindang ini berhasil mencetak rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).
 
Untuk membuat pindang berukuran seperti itu, pemindang menghabiskan hingga 10 Kuintal garam dan alat masak berukuran raksasa dengan waktu pembuatan sampai belasan jam.
 
"Yang buat sampai 10 orang semuanya berprofesi sebagai pemindang lokal dengan menggunakan alat masak berukuran panjang 2,4 meter dengan lebar 1,2 meter dan tinggi 30 centimeter, menghabiskan garam sebanyak satu kuintal," kata koordinator pemindang Harun Taufik (53) kepada wartawan Selasa (5/4/2016).
Foto: Proses pembuatan (Syahdan/detikcom)
 
Rencananya, penyerahan piagam penghargaan pencetakan rekor akan diserahkan Rabu (6/4) pagi bersamaan dengan perayaan Festival Hari Nelayan Ke 56 di Dermaga Palabuhanratu.
 
Nandang Haryadie (44), salah satu panitia Hari Nelayan menyebut jika keberhasilan mencatatkan rekor itu dipastikan membawa warna berbeda dalam festival hari nelayan yang digelar tahun ini.
 
"Palabuhanratu adalah penghasil ikan tuna kualitas nomor satu se-Indonesia sekaligus penghasil ikan pindang karya asli pemindang Palabuhanratu, euforia hari nelayan ini kita persembahkan ikan pindang tuna terbesar dan menorehkan catatan MURI," ujar Nandang.
 
Pindang raksasa tersebut akan diikutsertakan dalam karnaval bersama rombongan peserta lainnya dengan jumlah personil arakan khusus pindang sebanyak 120 orang personil.
 
"Cuma yang kita arak besok bukan pindang yang asil, hanya replika. Agar pindang ini terjaga kebersihannya dan tetap bisa disantap oleh peserta maupun tamu yang hadir di acara festival hari nelayan besok yang pasti halal dan aman," tandas Nandang.
 
 
R24/adi/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam