riau24 Kunjungan PM Jepang ke Rusia Tak Bahas Sengketa Kuril? | Berita Riau
Senin, 05 Desember 2016

Internasional

Kunjungan PM Jepang ke Rusia Tak Bahas Sengketa Kuril?

1
Berita Riau -  Kunjungan PM Jepang ke Rusia Tak Bahas Sengketa Kuril?

Riau24.com - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan mengunjungi Sochi, Rusia pada 6 Mei 2016. Abe direncanakan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Namun, menurut sumber diplomatik, kedua pemimpin itu hanya membahas isu-isu yang tengah hangat diperbincangkan di dunia, dan tidak membahas isu sensitif seperti sengketa Kepulauan Kuril.

Mengutip situs Sputniknews, Rabu, 6 April 2016, sumber ini juga mengungkapkan, pada awalnya, kedua pemimpin akan melakukan penandatanganan perjanjian perdamaian atas pulau sengketa.

Namun, kata sumber tersebut, kunjungan Abe bersifat informal, sehingga tidak ada dokumen apa pun yang akan ditandatangani.

Sebelumnya, pada Februari, Kepala Komite Luar Negeri Rusia, Alexei Pushkov, pernah berucap kalau Moskow mengharapkan kedatangan Abe pada April atau Mei tahun ini.

Kepulauan Kuril adalah objek sengketa teritorial antara Rusia dan Jepang. Negeri Matahari Terbit itu mengklaim Pulau Kunashiri, Etorofu, Shikotan, dan Habomai adalah bagian dari teritorialnya.

Pulau yang diklaim itu terletak di antara Laut Okhotsk, Samudra Pasifik. Akibat sengketa wilayah yang berkepanjangan, status kedua negara masih mungkin memicu ketegangan.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Suyono
Rabu, 06 April 2016 15:57 wib
bisa bisaan lo aja tuh
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam