riau24 Soal Depot Air Minum Isi Ulang tak Berizin, DPRD Pekanbaru Minta Diskes Bersikap Tegas | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Soal Depot Air Minum Isi Ulang tak Berizin, DPRD Pekanbaru Minta Diskes Bersikap Tegas

1
Berita Riau -  Soal Depot Air Minum Isi Ulang tak Berizin, DPRD Pekanbaru Minta Diskes Bersikap Tegas
 
Pekanbaru, Riau24.com - Saat ini diketahui, sejumlahan depot air isi ulang di Kota Pekanbaru, tercatat ratusan unit tidak milik rekomend dari instansi terkait. Namun untuk hal tersebut, pihak Diskes belum berani bersikap. Sehingganya, ini terkesan pembiaran.
 
Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Jhon Romi ketika diminta tanggapan mengatakan, masalah tersebut seharusnya pemerintah melalui instansi terkait untuk bisa meninjau ulang izin usaha depot air minum isi ulang menjamur di Kota Pekanbaru. Jika ditemukan tidak berizin, maka bisa lakukan penutupan.
 
"Bukan sekedar tinjauan, namun harus ada tindakan tegas, jikalau ditemukan pelanggaran dilakukan depot-depot air berupa izin yang tidak ada. Ini dilakukan mengingat tinggi konsumsi masyarakat akan jasa penyedian air bersih ini," ujar Romi, seraya menegaskan, harus ada ketegasan.
 
Romi mengatakan, selain ada izin usaha, juga ada Diskes setempat perlu melakukan uji air bersih. Hal itu. untuk mengetahui higenis dari diminum. Karena menurut politisi PDIP ini, air yang dikonsumsi oleh masyarakat cukup tinggi. Bahkan, mencapai 50 persen penggunaan air minum isi ulang tersebut.
 
Apabila hal ini, katanya, tidak ada diawasi secara ketat, maka akan bisa mengganggu kesehatannya masyarakat sendiri. Terlepas dari ada atau tidaknya izin usahanya, sambung Romi, yang tidak kalah pentingnya adalah steril air yang digunakan. "Sumber air disinikan banyak tidak layak dikonsumsi," ujarnya. 
 
Jadi tambahnya, semua itu harus sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang Kelayakanya Kualitas Air Minum Isi Ulang. Dan ditekankan pada Diskes sesegera mungkin lakukan tindakan tegas pada pengusaha-pengusah depot air minum isi ulang yang nakal.
 
Seperti diketahui, Kepala Diskes Pekanbaru Helda S Munir melalui mengakui, di Kota Pekanbaru ada ratusan depot air minum isi ulang yang tidak memiliki rekomendasi. Sesuai pendataan dilakukan pada waktu itu, dari 530-an unit, hanya 152 yang kantongi rekomendasi dari Diskes.
 
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Sudir
Kamis, 07 April 2016 07:50 wib
Yang betul aja
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru