riau24 Ingat, Jokowi Tak Happy Didikte soal Ganti Menteri | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Ingat, Jokowi Tak Happy Didikte soal Ganti Menteri

1
Berita Riau -  Ingat, Jokowi Tak Happy Didikte soal Ganti Menteri

Jakarta, Riau24.com -  Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengingatkan partai-partai politik (parpol) pendukung pemerintahan saat ini agar tidak berupaya mendikte Presiden Joko Widodo dalam merombak (reshuffle) kabinet. Siti mengatakan, sudah semestinya parpol menghormati hak prerogatif presiden yang beken disapa dengan nama Jokowi itu.

Menurut Siti, Presiden Jokowi sudah menunjukkan ketidaksukaannya jika didikte soal kabinet. Karenanya partai pun mesti paham soal itu.

"Presiden Jokowi sudah memberikan warning agar jangan sampai didorong-dorong dan didikte. Itulah makna dari hak prerogatif presiden, jadi (parpol) jangan mendikte presiden soal reshuffle," kata Siti saat dihubungi di Jakarta, Rabu (6/4).

Pernyataan Siti itu sebagai respons terhadap Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Daniel Johan yang mengaku waswas karena ada partai politik mendikte Jokowi soal reshuffle. Bahkan Deniel menyebut partai partai itu berupaya menjatuhkan sesama partai pengusung Jokowi di pilpres demi menambah jumlah kadernya di Kabinet Kerja.

Menanggapi hal itu Siti mengatakan, meski Jokowi punya hak prerogatif dalam mengutak-atik kabinet, namun sebaiknya reshuffle tetap didasarkan pada rapor para menteri. Artinya, katanya, ada variabel indikator yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Jadi reshuffle kabinet harus dilakukan secara profesional dan memiliki indikator penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan oleh kepala negara,” katanya.

Selain itu Siti, salah satu hal yang harus dievaluasi adalah loyalitas para menteri terhadap Presiden Jokowi. Artinya, para menteri harus bisa dipastikan benar-benar dalam satu komando di bawah Presiden Jokowi.

"Maka dibutuhkan pasukan di Kabinet Kerja itu satu komando, tidak jalan sendiri-sendiri. Jadi kayaknya itu yang harus dievaluasi," tegasnya.


R24/dev/jwa 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 17:51 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !!
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru