riau24 Demi Penghematan Anggaran, THL Pemko Pekanbaru Terancam 'Dirumahkan' | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Demi Penghematan Anggaran, THL Pemko Pekanbaru Terancam 'Dirumahkan'

2
Berita Riau -  Demi Penghematan Anggaran, THL Pemko Pekanbaru Terancam 'Dirumahkan'
Pekanbaru, Riau24.com- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan mendata kembali Tenaga Harian Lepas (THL) yang ada di Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru. Pendataan ini disebabkan keterbatasan anggaran yang menjadikan Pemko Pekanbaru berencana untuk melakukan efisiensi jumlah THL yang dinilai memakan anggaran sangat besar dalam hal belanja pegawai dan gaji THL yang dikeluarkan setiap bulan. 
 
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru yang saat ini juga menjabat sebagai Asisten III Sekdako, Azharisman Rozie mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan pengecekan untuk mengetahui secara pasti berapa jumlah THL di di lingkungan Pemko Pekanbaru.
 
"Saya ingin melihat berapa jumlah THL di lingkungan Pemko Pekanbaru ini. Yang sudah terdata ternyata banyak, ada sekitar 300 orang," kata Rozie, Rabu (6/4/2015).
 
Efisiensi ini, lanjut Rozie, dilakukan karena anggaran yang diperoleh Pemko juga dikurangi karena turunnya harga minyak dunia.
 
Dikatakan Rozie, efisiensi jumlah THL di lingkungan Pemko ini dirasa sangat perlu karena terbatasnya anggaran. "Terkait hal ini, saya akan bicarakan dengan Sekda," ujarnya.
 
Salah satu indikator efisiensi ini adalah dengan analisa beban kerja Satuan Kerja (Saker). Jika jumlah THL yang ada saat ini tidak sesuai dengan analisa beban kerja yang telah ditetapkan, maka THL di Satker tersebut akan "dirumahkan".
 
"Kita akan mendata berapa sebetulnya kebutuhan THL dari sebuah Satker itu. Kalau seandainya tidak sama dengan analisa beban kerja yang sudah kita buat, ya kita akan lakukan efisiensi ini," jelas Rozie.
 
Diberhentikan merupakan alternatif terakhir dari efisiensi ini. Selain itu, guna menghemat anggaran, dari sisi belanja pegawai juga akan dikurangi. "Sebaiknya kepada dinas-dinas dapat mengurangi kegiatan yang tidak terlalu penting. Seperti mengurangi perjalanan dinas untuk efisiensi anggaran," terangnya.
 
Hanya saja, kata Rozie, ada beberapa Satker yang masih membutuhkan banyak pegawai. "Kalau soal tenaga honor, di Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) itu kita masih butuh banyak. Jadi bisa saja nanti beban kerja THL di Satker yang tidak sesuai akan dipindahkan," katanya.
 
Isu mengenai pengurangan THL di lingkungan Pemko Pekanbaru ini sudah tercium sejak awal tahun 2016. Sebab THL yang ada saat ini dinilai sudah melebihi kebutuhan. 
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Ben
Kamis, 07 April 2016 07:17 wib
pak, gj bsa tnjangan pgwai yg tinggi tu aja yg d krangi, msak gara2 kmi yg hanya 1 jta untk pghmatan anggran
Dedi
Kamis, 07 April 2016 07:15 wib
gmna la nasip kami ni pak, pengguran la lgi
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru