riau24 Tarmis : Hadapi MEA, Produk Kuansing Harus Mampu Bersaing | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Tarmis : Hadapi MEA, Produk Kuansing Harus Mampu Bersaing

0
Salah satu produk makanan dari Kuansing
Berita Riau -  Tarmis : Hadapi MEA, Produk Kuansing Harus Mampu Bersaing

Kuansing, Riau24.com - Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mulai diberlakukan saat ini, seluruh produk yang ada harus mampu bersaing dan bila tidak akan tertinggal oleh produk dari negara-negara lain di asean. Salah satu produk yang telah masuk di daerah ini, seperti durian bangkok yang berasal dari negara Thailand.

Oleh karena itu, para pemilik atau home industry harus mampu bersaing, dengan salah satu cara harus meningkatkan kualitas dengan memberi label atau merek izin perdagangan dengan kemasan yang unik, yang mampu menarik perhatian para pembeli nantinya.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Kopindag) Kabupaten Kuantan Singingi, H. Tarmis, S. Pd, MH saat membuka pelatihan Good Manufacturing Product (GMP) di Wisma Sabilion Teluk Kuantan, Kamis (7/4).

Menurutnya, sangat perlu ada upaya dan usaha yang dilakukan oleh para pelaku atau home industry di Kuansing, untuk menghadapi MEA di masa mendatang. Salah satunya dengan cara peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) maupun kemasan produk yang dihasilkan, agar mampu bersaing di pasar global nantinya.

"Kalau suatu produk home industry dibungkus dengan kemasan yang kurang menarik, tentu saja juga tidak menarik minat para pembeli untuk melihatnya, seperti galamai dibungkus dengan daun pisang masak (karisiak)," paparnya.

Untuk itu, Diskopindag Kuansing melakukan pelatihan bagi tenaga muda handal di daerah ini, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pembuatan produk makana, terutama bagi pemilik usaha yang dikelola dan dimiliki berhasil dengan maksimal," tambahnya.

Dengan semakin berkembangnya produk makanan daerah, tentu akan lebih dikenal oleh masyarakat secara luas dan dapat membuka peluang bagi tenaga kerja lain, dan juga lebih meningkatkan ilmu yang didapat bisa diterapkan diusaha nantinya, tambahnya.

Sementara, Ketua panitia pelaksana, Defriyul, S. Pd menyebutkan peserta pelatihan ini mencapai 15 orang yang berasal dari seluruh kecamatan di Kuansing, yang merupakan tenaga muda terampil dan butuh dilatih, agar lebih handal dan mampu bersaing nantinya.

Sedangkan waktu pelatihan akan dilaksanakan pada kamis (7 s/d 12 April) mendatang yang bertempat di Hotel Sabilion Teluk Kuantan, dengan tenaga pelatih berasal dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau, yakni Ibu Dra. HJ. Tutis Hariyani, M.Si dengan asisten pelatih I Gusti Putu Rio Purbowo, ST . Sedangkan peserta pelatihan akan disediakan penginapan bagi yang menginap, uang transportasi, konsumsi dan akomodasi.

"Jadi seluruh biaya selama pelatihan akan ditanggung oleh pihak panitia pelaksana, begitu juga telah disediakan penginapan bagi peserta yang hendak menginap," Ujarnya.

Sementara tujuan pelatihan ini untuk peningkatan kualitas SDM dalam pembuatan produk makanan (Good manufacturing practice / GMP), agar produk makanan yang dimiliki Kuansing mampu bersaing dan juga akan diberikan Produk Izin Rumah Tangga (PIRT).


R24/dev/zar 

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru