riau24 Asisten I Pemkab Rohul Harapkan 166 Peserta Pelatihan Buka Lapangan Kerja | Berita Riau
Kamis, 08 Desember 2016

Asisten I Pemkab Rohul Harapkan 166 Peserta Pelatihan Buka Lapangan Kerja

0
Berita Riau -  Asisten I Pemkab Rohul Harapkan 166 Peserta Pelatihan Buka Lapangan Kerja

Rohul, Riau24.com - ‎Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Wilayah III Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Provinsi Riau membuka secara resmi pelatihan untuk 166 peserta di Aula BLK Rokan Hulu (Rohul), Kamis (7/6/16).

Kegiatan Program Peningkatakan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja (PKPTK) Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Ketrampilan Bagi Pencari Kerja pada UPT-LK Wilayah III Pelatihan Fungsional (Berbasis Kompetensi) dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Juni Syafry dan turut dihadiri Kepala Disosnakertran Rohul Herry Islami, Kepala UPT-LK Disnakertrans Provinsi Riau Ahmad Fadilah.

Ketua Panitia yang juga Kepala Seksi Penempatan dan Pemagangan Disnakertransduk‎ Provinsi Riau Samsul Akmal mengatakan pelatihan fungsional ada sembilan jurusan yang disediakan terdiri jurusan menjahit, las listrik, sepeda motor, mobil bensin, operator komputer, teknisi komputer, teknisi HP, Instalasi Listrik dan Tata Boga.

‎"Mereka juga kita bekali makan siang dan uang transportasi Rp.17 Ribu/hari,"ucap Samsul Akmal kepada Riau24.com.

Saat membuka pelatihan, Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Rohul, Juny Syafrin meng‎harapkan kerjasama dan pelatihan kerja ini terus dilakukan rutin oleh provinsi.

Dirinya juga mengharapkan 166 peserta Pelatihan fungsional giat selama mengikuti pelatihan dan tekun, sehingga bermanfaat setelah selesai pelatihan.

Peserta diharapkan bisa membuka lapangan kerja baru setelah selesai pelatihan nanti. Tidak justru mencari kerja.

"Gunakan waktu yang ada. Sebab kalau kita latihan sendiri di tempat lain biayanya sangat mahal. Manfaatkanlah waktu yang ada," imbau Juni Syafry.

Sementara itu, Kepala Disosnakertrans Rohul, Herry Islami, mengungkapkan saat ini pencari kerja di Rohul sekira 2.000 orang lebih. Hal itu sesuai data pencari kerja atau kartu kuning (AK-1).

Sebagian besar pencari kerja merupakan tamatan SMA sederajat, disusul sarjana ekonomi, dan sarjana hukum.

"Pelatihan kerja agar bisa menerapkan di lapangan. Sebab belajar dari sekolah saja tidak cukup," jelas Herry dan mengatakan setelah pelatihan kerja, dinasnya berencana menggelar sertifikasi bagi tenaga kerja.

Herry menerangkan pihaknya akan berupaya peserta pelatihan ini mendapatkan bantuan modal. Rencananya Disosnakertrans Rohul akan membuat kelompok per kecamatan, sehingga muda mengkoordinirnya.‎


R24/dev/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam