riau24 Bebaskan WNI Disandera, Pemerintah Diminta Libatkan DPR | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Politik

Bebaskan WNI Disandera, Pemerintah Diminta Libatkan DPR

1
Berita Riau -  Bebaskan WNI Disandera, Pemerintah Diminta Libatkan DPR

Riau24.com – Anggota Komisi I Effendi Muara Sakti Simbolon menyayangkan pemerintah yang kurang melibatkan DPR untuk melobi upaya pembebasan 10 WNI yang disandera kelompok milisi Abu Sayyaf di Filipina.

Politikus PDI Perjuangan ini menilai bahwa pemerintah terlalu percaya diri soal proses pembebasan sandera ini. "Legislatif itu juga punya peran, kenapa tidak libatkan DPR," kata Effendi dalam AKI Malam ditvOne, Kamis 7 April 2016.

Dia mengatakan, parlemen bisa melakukan pendekatan terhadap partai-partai di Filipina. Selain itu, Indonesia harus mengingatkan punya posisi tawar. Karena pemerintah tak menjalankan eksekusi warga Filipina Mary Jane yang sempat akan dihukum mati akibat kasus narkoba.

Dijelaskannya, pada upaya-upaya pembebasan sandera sebelumnya, DPR turut dilibatkan dan pada akhirnya penyandera bisa dikalahkan. Effendi mengatakan pemerintah dalam hal ini memang tak berposisi mudah.

Di satu sisi, DPR tidak menyarankan tebusan dijalankan karena akan menjadi catatan buruk tunduknya negara terhadap kelompok bersenjata. Namun di sisi lain, Indonesia harus diberikan ruang yang luas oleh negara setempat agar bisa bekerja sama melawan perompak.

Dia meminta pemerintah tak perlu berlagak pahlawan sendiri atau bekerja dengan cara one man show.

"Tapi, kami tidak ingin pemerintah memenuhi tuntutan bukan karena mohon maaf kepada teman-teman sandera dan keluarga, itu juga harus menunjukkan kepada dunia sebagai catatan baik, kita kenapa tidak melakukan diplomasi kepada partai-partai," kata Effendi.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 17:50 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !!
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru