riau24 Dinas Pasar Kuansing Menerima Bantuan dari PU RI | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Dinas Pasar Kuansing Menerima Bantuan dari PU RI

0
Alat penyemprot hama
Berita Riau -  Dinas Pasar Kuansing Menerima Bantuan dari PU RI

Kuansing, Riau24.com - Dalam upaya untuk peningkatan kebersihan di Kabupaten Kuantan Singingi, Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) Kuansing menerima bantuan sarana dan prasarana kebersihan dari Kementrian Pekerjaan Umum RI.

Menurut Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. Azhar kepada wartawan mengatakan, bantuan yang mereka terima terdiri dari dua jenis.

"Ada dua jenis bantuan yang kami terima dari Kementrian PU, yang ditujukan untuk meningkatkan pengelolaan kebersihan di Kuansing," paparnya.

Pertama, bangunan pencacah kompos dan peralatan yang terdiri dari, mesin pencacah plastik, motor kaisar dan mesin pencacah sampah. "Mesin pencacah sampah plastik dan sampah akan memisahkan sampah plastik dan dihancurkan sejak awal sehingga dapat menjadi kompos, sedangkan motor kaisar untuk pengangkutan," tuturnya.

Kemudian lanjutnya, ada lagi bantuan peralatan untuk tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST). Bantuannya berupa, satu unit penyemprot hama, sumur bor dan gerobak dorong. TPST ada empat unit, dua unit di Kuantan Tengah tepatnya di desa Sawah dan Koto Taluk, Kuantan Mudik di desa Rantau Sialang dan Kuantan Hilir," ujarnya.

Tujuan TPST ini untuk mengurangi sampah yang diangkut ke TPA. Dengan keberadaan TPST ini diharapkan masarakat yang berada disekitar TPST mengantarkan sampahnya ke TPST untuk diolah," sebutnya.

"Kalau yang bersifat organik akan diolah menjadi kompos. Sehingga sampah yang di angkat ke TPA menjadi berkurang dengan demikian juga diharapkan umur TPA atau masa pakai TPA akan bertambah juga," katanya.

Dikatakannya, bantuan empat TPST merupakan kegiatan APBN tahun 2015. Untuk tahun 2016 kembali mendapatkan dua unit TPST yang lokasinya sedang di cari tempatnya.

Disamping dua unit TPST untuk tahun 2016 insyaallah kita juga mendapatkan satu unit escafator untuk di TPA dan satu unit IPLT pengelolaan lumpur tinja yang akan di tempatkan di TPA," tukasnya.



R24/dev/zar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru