riau24 Kapan Gaji ke-14 Buat PNS Bisa Cair? | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Kapan Gaji ke-14 Buat PNS Bisa Cair?

0
Ilustrasi
Berita Riau -  Kapan Gaji ke-14 Buat PNS Bisa Cair?

Jakarta, Riau24.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) belum bisa memastikan waktu yang tepat untuk membayar gaji ke-14 untuk tahun anggaran 2016 bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kepastian pembayaran gaji ke-14 menunggu keputusan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Herman Suryatman ‎menjelaskan, keputusan pembayaran gaji ke-14 tergantung pencairan anggaran dari Kementerian Keuangan. "Belum. Tunggu saja perkembangan," katanya.

Herman memperkirakan, pencairan gaji ke-14 bisa dilakukan dalam waktu dekat ini. Targetnya, pencairan gaji ke-14 dilakukan sebelum Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada Juli 2016. Itu berarti, pembayaran gaji ke-14 berdekatan dengan pembayaran gaji ke-13.

Dia mengatakan, pembayaran gaji ke-14 tidak berbeda dengan mekanisme pembayaran gaji pada biasanya. "Kemungkinan sebelum Lebaran atau bulan puasa. Ya, teknis penerimaan seperti gaji biasa," terang dia.

Sebagai informasi, kebijakan gaji ke-14 diberikan pemerintah sebagai pengganti kenaikan gaji PNS yang ditiadakan tahun 2016. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah memberikan pendapatan ekstra berupa gaji ke-13 dan gaji ke-14 tahun ini.

"‎Jadi gaji ke-14. Kalau gaji ke-13 itu saat Lebaran, mungkin ke-14 ini pada masa jelang masuk sekolah. Itu kewenangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu),"kata Tjahjo.

Dia menjelaskan, pemerintah belum dapat merealisasikan kenaikan gaji PNS untuk tahun 2016 karena harus menunggu pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan pemerintah menganggarkan dana Rp 6 triliun untuk mengganti kenaikan gaji berupa gaji ke-14 dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.


R24/dev/lip 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru