riau24 Cerita Tim Robotik Indonesia Sempat Minder Lawan China | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Nasional

Cerita Tim Robotik Indonesia Sempat Minder Lawan China

1
Berita Riau -  Cerita Tim Robotik Indonesia Sempat Minder Lawan China

Riau24.com - Kesuksesan Tim Robotik Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Semarang, menjuarai kontes robot pemadam api di Amerika Serikat patut mendapat apresiasi. Apalagi, wakil Indonesia itu mampu menjadi juara umum dalam ajang bergengsi yang diikuti puluhan negara-negara maju kelas dunia.

Di balik kesuksesan yang diraih wakil Indonesia dalam ajang bergengsi itu, rupanya tersimpan sejumlah cerita menarik. Apalagi mereka harus berhadapan dengan wakil negara-negara yang membuat robot dengan teknologi modern. Salah satunya, Tiongkok.

"Persaingan lomba selama dua hari di sana sangat ketat. Kita sempat merasa minder dengan China. Mereka bawa robot yang sama dengan teknologi pabrikan. Sedangkan kita hasil tangan kita sendiri," kata Ahmad Zuhri salah satu anggota tim robotik kepada VIVA co.id di Semarang, Sabtu, 9 April 2016.

Beruntung, pada saat kontes lomba di arena, sejumlah juri lebih melihat sisi keunikan robot asal Indonesia. Selain unik, robot karya putra Indonesia memiliki kecepatan dalam memadamkan api.

"Kalau robot buatan China sama semua bentuknya. Beruntung kita jadi tercepat dan mendapatkan best score," imbuh mahasiswa 21 tahun itu.

Selain China, Tim Indonesia juga sempat mendapatkan pesaing berat dari Israel. Indonesia bahkan nyaris tertinggal dengan tim Israel saat level 1. Akan tetapi mereka mampu menyapu bersih dua level berikutnya dengan robot Khaum I dan Khaum II.

"Karena tidak ada sistem batle (bertarung), maka permainan dilakukan dalam satu arena dan juri menentukan. Maka ada best 1 sampai 3," ujar anggota tim lainnya, La Ode Muhamad Idris (21).

Menurutnya, selain memiliki bentuk yang unik, kemenangan Indonesia karena juri melihat kreativitas pembuatan. Selain sederhana, bentuk robot pemadam api Indonesia lebih menekankan sisi original dan fungsinya.

"Kita memang beda dengan yang lain. Dari robot pabrikan kita ubah dan enggak ada desain produk toko," ujar La Ode.

Dalam kontes bertajuk Trinity College Fire Fighter Home Robot Contest, pada 2-3 April 2016 lalu itu, tim Indonesia menyapu sejumlah penghargaan penting. Masing-masing juara I dan kategori senior robot pemadam api beroda, juara I dan II pada kelas Robot pemadam api berkaki dan penghargaan robot dengan performa terbaik serta best scorepada level 2 dan 3.

Kontes robot yang berlangsung di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Athletic Center, Hartford, Amerika Serikat, tim Indonesia mampu mengalahkan 80 wakil negara dunia, seperti negara bagian Amerika Serikat, China serta negara-negara maju lainnya.

(mus)

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 15 November 2017 04:21 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/jxUjddt.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru