riau24 Kian Hari Makin Rusak, Walhi Sayangkan Pemerintah yang Baru Sadar Tentang Tata Kelola Gambut | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Kian Hari Makin Rusak, Walhi Sayangkan Pemerintah yang Baru Sadar Tentang Tata Kelola Gambut

0
Berita Riau -  Kian Hari Makin Rusak, Walhi Sayangkan Pemerintah yang Baru Sadar Tentang Tata Kelola Gambut
Pekanbaru, Riau24.com- Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Riau menyayangkan pemerintah yang kini baru sadar mengenai pembenahan tata kelola gambut yang kian hari makin rusak selain dari maraknya pembalakan hutan.
 
Eksekutif Daerah Walhi Riau, Riko Kurniawan mengatakan pihaknya telah peringatkan pemerintah sejak tahun 2009 lalu bahwa lahan gambut khususnya di Kepulauan Meranti tidak boleh diserahkan untuk dikelola oleh perusahaan. Sekarang baru terasa akibatnya setelah kasus pembakaran marak terjadi disana," kata Riko.
 
Riko berharap pemerintah akan mengembalikan hak kelola lahan gambut kepada masyarakat adat karena Riko meyakini masyarakat adat akan menjaga lingkungan sesuai dengan nilai adat yang dianut selama ini.
 
"Masyarakat adat atau lokal di sana melakukan berkebun sagu untuk menghidupi ekonomi masyarakat. Dan kita sudah membuktikan bahwa sagu membuat lahan tetap basah serta terjaga dari kerusakan yang mengancam," ujar Riko, Senin (11/4/2016).
 
Sementara itu, Riko juga mendorong Presiden Joko Widodo untuk segera mengeluarkan peraturan yang menjadi payung hukum untuk pengelolaan lahan konsesi PT Lestari Unggul Makmur (PT LUM) kepada masyarakat lokal.
 
Riko mendesak agar Presiden melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengeluarkan SK pencabutan izin pengelolaan konsesi lahan oleh PT LUM yang ada di Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
"Kita apresiasi sikap dan pernyataan dari Presiden Joko Widodo yang mencabut izin pengelolaan lahan PT LUM yang ada di Kepulauan Meranti. Tapi kita mendesak presiden untuk segera mengeluarkan aturan tertulisnya sebagai dasar hukum, walaupun PT LUM sudah bersedia menyerahkan kepada negara kembali," imbuhnya.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru