riau24 Bebaskan Gembong Narkoba, Enam Pria Bersenjata Ditangkap | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Bebaskan Gembong Narkoba, Enam Pria Bersenjata Ditangkap

1
Berita Riau -  Bebaskan Gembong Narkoba, Enam Pria Bersenjata Ditangkap

Banda Aceh-Riau24.com – Polisi berhasil menggagalkan aksi enam pria bersenjata yang diduga kuat ingin membebaskan Abdullah, gembong narkoba yang kini ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kahju, Aceh Besar.

Selain menangkap enam tersangka (sebelumnya tertulis tiga-red), petugas juga menyita tiga pucuk senjata api serta peralatan lain yang diduga akan digunakan untuk menyerang lapas, tempat Abdullah bersama teman-temannya mendekam karena didakwa terlibat dalam kasus 78 kilogram sabu-sabu.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh, Kombes Teuku Saladin mengatakan, keenam tersangka masing-masing berinisial Zak (30), Ily (39), BA (33), TF (29), Ham (35) dan MA (30), semuanya tercatat sebagai warga Aceh.

“Mereka ditangkap di lokasi berbeda,” katanya di Banda Aceh, Jumat (11/9/2015).

Rencana pembebasan Abdullah mulanya terungkap setelah polisi menangkap BA dalam sebuah razia di kawasan Aceh Utara pada 8 September lalu. Buk terjaring saat hendak menuju ke Banda Aceh dengan mengendarai mobil jenis Suzuki Swift. Dalam mobil itu ditemukan 29 amunisi aktif.

Kepada polisi, BA mengutarakan semua rencana mereka yang ingin membebaskan Abdullah warga Aceh Timur. Dia kini dititipkan di Lapas Kahju, karena masih dalam proses persidangan kasus kepemilikan 78 kg sabu-sabu. Atas pengakuan BA, petugas mengantongi nama-nama pelaku lain. Polisi mudah mendeteksi mereka.

Saat Abdullah dan teman-temannya menjalani sidang di Pengadilan Negeri Banda Aceh, Kamis 10 September, mereka ikut hadir. Di situlah empat tersangka lain dicokok polisi.

"Saat itu mereka tidak bawa senjata," ujar Saladin.

Dari hasil pengembangan, pada malamnya polisi kemudian menangkap Zak di kompleks perumahan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) di Lamreung, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar.

Dari penangkapannya disita tiga senjata api masing-masing jenis AR-15 dan dua pucuk AK-56, berikut empat magazen serta 26 butir amunisi FN, 45 peluru AK-56, dan 197 amunisi AR-15. Selanjutnya diamankan juga tali tambang, rantai besi, satu gunting besar pemotong kawat, satu kaos loreng dan sepatu PDL.

Saladin menuturkan, para tersangka diduga sudah merencanakan pembebasan Abdullah Cs. Bahkan seorang di antaranya yakni Ham merupakan adik kandung Abdullah. Dalam menjalankan aksinya mereka menyiapkan dua rencana (plan).

Plan A telah mereka laksanakan dengan cara memanjat tembok Lapas (Kahju). Karena malam itu ada patroli mereka masih takut-takut, sehingga mereka ingin menjalankanplan B,” ujarnya.

Ditanya tentang apa plan B mereka, Saladin tak bersedia menjelaskannya. "Kami masih menyelidiki dari mana mereka mendapatkan senjata api ini. Kami juga masih melakukan pengembangan terkait rencana aksi mereka," sebutnya.

Namun plan B itu disebut-sebut adalah rencana mereka yang ingin menyerang langsung Lapas Kahju, untuk membebaskan Abdullah Cs yang kini terancam hukuman mati karena didakwa terlibat dalam kasus 78 kg sabu-sabu. Dalam sidang sebelumnya terungkap dari jumlah itu, 40 kg sabu di antaranya milik Abdullah.

Abdullah bersama Samsul Bahri, Hamdani dan Hasan Basri ditangkap tim gabungan selepas ditemukan 78 kg sabu dalam sebuah penggerebekan di Dusun Nabok, Gampong Leu Bu, Kecamatan Peurlak, Aceh Timur pada 15 Februari 2015.

Mereka sempat ditahan di Rumah Tahanan Badan Narkotika Nasional (BNN) Jakarta. Pada 31 Maret lalu, mereka berhasil membobol rutan tersebut. Abdullah dan teman-temannya kabur, sebelum ditangkap kembali dan dipulangkan ke Aceh untuk persidangan.

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 25 Oktober 2017 17:00 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/03OdNcZ.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru