riau24 Alfamart dan Indomaret Beroperasi 24 Jam, Mas Irba: Kita Memang Memberikan Izin | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Alfamart dan Indomaret Beroperasi 24 Jam, Mas Irba: Kita Memang Memberikan Izin

0
Berita Riau -  Alfamart dan Indomaret Beroperasi 24 Jam, Mas Irba: Kita Memang Memberikan Izin
Mengenai jam operasional pusat perbelanjaan Indomaret dan Alfamart hingga 24 jam yang sempat dikatakan oleh Anggota DPRD Pekanbaru, Darnil melanggar Perda Nomor 9 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Pasar Rakyat Pusat Perbelanjaan dan Swalayan dibantah oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru.
 
Darnil mengatakan, sesuai dengan pasal 24 ayat 1 dan 2 bahwa setiap swalayan dan pusat perbelanjaan di Pekanbaru diberikan waktu jam operasional mulai pukuk 10.00 hingga 22.00 WIB.
 
Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru ini meminta Pemko yang dalam hal ini adalah Disperindag untuk segera membuat kajian dan turun ke lapangan.
 
"Kalau pihak Alfamart dan Indomaret tidak mengindahkan permintaan ataupun peringatan oleh Pemko Pekanbaru maka sanksinya kita minta ditutup dan cabut saja izinnya," ujarnya.
 
Lebih lanjut dikatakannya jika Disperindag tidak tuun untuk menyelesaikan masalah ini maka pihaknya di DPRD Pekanbaru akan melakukan pemanggilan.
 
"Kita akan lakukan pemanggilan dan akan turun ke lapangan. Dengan tidak beroperasi 24 jam, ini juga bertujuan untuk memberikan peluang kepada usaha masyarakat kecil dan menenggah," lanjut Darnil. 
 
Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman mengugkapkan bahwa izin operasional bagi Alfamart dan Indomaret tersebut telah diberikan oleh Disperindag.
 
"Siapa bilang itu melanggar Perda. Izinnya ada kok ke kita, dan kita memang memberikan izin," ungkapnya, Selasa (12/4/2016).
 
Pemberian izin ini dijelaskan Irba memang tidak untuk semua gerai. Perbandingannya hanya 1:30 saja, dan bagi gerai yang buka sampai 24 jam harus mencantumkan l6abel tanda buka 24 jam. Jika ada gerai yang tidak mencantumkan tanda tersebut, maka itulah yang akan ditindak tegas.
 
Irba menerangkan, pemberian izin tersebut dikarenakan Pekanbaru yang merupakan kota besar dan aktivitas penduduknya bukan hanya di siang hari, namun juga malam hari.
 
"Pekanbaru ini kota besar. Bagaimana bisa disebut kota besar tapi aktivitas di malam hari tidak ada, bagaimana kalau tengah malam ada orang kelaparan, itu sudah ada kajiannya," pungkasnya.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru