riau24 Amankan Daerah Perbatasan, Jajaran Komando Armada Kawasan Barat Bentuk WFQR | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Amankan Daerah Perbatasan, Jajaran Komando Armada Kawasan Barat Bentuk WFQR

0
Berita Riau -  Amankan Daerah Perbatasan, Jajaran Komando Armada Kawasan Barat Bentuk WFQR
Pekanbaru, Riau24.com- Demi mencegah masuknya barang-barang ilegal, penyeludupan serta adanya tindak perompakan, Komando Armada Kawasan Barat membentuk Tim Western Fleet Quick Response (WFQR). Berkat dibentuknya tim ini, pada tahun 2015 tidak ada lagi tindak perompakan di Indonesia.
 
"Pada tahun 2014, Indonesia hampir di cap sebagai black area, dalam arti sangat rawan terhadap tindak perompakan di laut. Lalu kita bentuk tim WFQR, dan hasilnya hingga tahun 2015, Indonesia zero perompakan. Karena kita bisa menekan jumlah perompakan ini, kita mendapat apresiasi cukup bagus baik di jajaran regional maupun internasional," ungkap Danlanal Dumai Kol Laut (P) Avianto Rooswirawan.
 
Sudah sejak lama, lanjut Avianto pihaknya dibawah Jajaran Komando Armada Kawasan Barat selalu menggelar operasi dalam mengamankan Selat Malaka, sebab Selat Malaka merupakan daerah laut yang berbatasan langsung dengan Malaysia.
 
Untuk daerah perbatasan yang masih rawan penyeludupan, Avianto mengatakan tidak ada tolerir dalam hal penegakan hukum. "Penyeludupan apapun dan masuknya barang-barang ilegal akan langsung kita tindak tegas."
 
"Kasus yang sedang kita tangani dalam proses hukum saat ini adalah perompakan. Sampai saat ini yang sedang diproses memang terjadi di daerah perbatasan. Kapal perompakan yang sempat melarikan diri hingga dua bulan sudah berhasil diamankan," jelas Avianto.
 
Lebih lanjut, evaluasi yang telah dilakukan berupa kegiatan operasi dan pengamatan serta pencegahan di titik hotspot terutama di pelabuhan yang tidak resmi dan terus diawasi selama 24 jam baik melalui unsur operasi maupun jajaran intelligent.
 
"Kita juga bekerja sama dengan institusi-institusi yang lain seperti Polda, Bea Cukai, Jajaran DKP dan Badan Intelligent yang ada di Riau. Kita bekerja sama dengan satu komitmen yaitu selalu menegakkan hukum di laut," ujarnya. 
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru