riau24 Nama Menteri Rini Disebut-sebut dalam Kasus Korupsi di China | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Nasional

Nama Menteri Rini Disebut-sebut dalam Kasus Korupsi di China

1
Menteri Rini Soemarno
Berita Riau -  Nama Menteri Rini Disebut-sebut dalam Kasus Korupsi di China

Taiwan, Riau24.com - Kabar mengejutkan datang dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno terkait kedekatannya dengan pemerintah China. Nama Rini Soemarno disebut-sebut dalam pemeriksaan kasus korupsi Gubernur Provinsi Hainan Ji Wenlin pada pertengahan Januari 2016‎.

Seperti dilansir dari Brudirect.com, ‎Rabu (13/4/2016), dalam pemeriksaan Ji Wenlin pada pertengahan Januari lalu menguak pengakuan mengejutkan bahwa selama ini Ji Wenlin dengan Komite Pusat Partai Komunis China Zhou Yong Kang mendirikan proyek di berbagai negara.

Ji Wenlin dan Zhou Yongkang mendapatkan komisi dari perusahaan-perusahaan China yang mendapatkan proyek di berbagai negara Asia. "Fee yang didapat sekitar 10% sampai 20% dari setiap proyek. Salah satu perusahaan yang sering‎ dibantu adalah China Railway Construction Limited," demikian seperti dikutip Sindonews dari lama tersebut.

Di Thailand, Ji Wenlin dan Zhou Yongkang menyuap Letnan Jenderal Pongpat Chayapan melalui proyek yang dilakukan oleh China Railway Construction sejak 2006.‎ Dengan India, mereka terkait erat dengan mantan Perdana Menteri India Manmohan Singh dan Pankaj Bhujbal yang memiliki bisnis batu bara.

"Di Indonesia, Ji Wenlin dan Zhou memiliki hubungan sangat dekat dengan pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Rini Soemarno," demikian disebutkan.

Rini Soemarno selaku Menteri BUMN‎ memiliki posisi yang paling menentukan dalam pembangunan rel kereta api. Pada Januari 2016, Ji Wenlin bahkan disebut-sebut mengirimkan uang sebesar USD5 juta kepada Rini Soemarno.

Menanggapi hal itu, Rini terlihat santai dan tidak ambil pusing. Bahkan, Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Menperindag) ini siap jika dirinya dipanggil untuk menepis tudingan tersebut.

"Saya ketawa aja (namanya terseret dalam kasus korupsi di China) Terus terang kasih buktinya. Panggil saya. Minta bukti, jangan sembarangan," ujarnya saat ditemui di Gedung Pertamina Pusat, Jakarta, hari ini.
alexa.com


R24/dev/sin 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 15 November 2017 04:32 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/jxUjddt.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru