riau24 Presiden Penyair Hadiri Peluncuran Buku Perempuan Bulan yang Karya Anak Riau 'Kunni' | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Presiden Penyair Hadiri Peluncuran Buku Perempuan Bulan yang Karya Anak Riau 'Kunni'

2
Berita Riau -  Presiden Penyair Hadiri Peluncuran Buku Perempuan Bulan yang Karya Anak Riau 'Kunni'
 
Jakarta, Riau24.com - Presiden Penyair Indonesia, Soetardji Calzoum Bachri membaca dua puisi yang termaktub dalam buku puisi Perempuan Bulan yang diluncurkan, Kamis (14/4), di Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin, Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. Selain membaca puisi, juga mengulas sekilas dan memberi catatan terhadap puisi-puisi tersebut. 
 
"Kunni membiarkan kata dalam puisi-puisinya mengailir begitu saja. Dia kurang puas dengan kata panas, lalu ditambah membara, lalu api, lalu membakar. Kadang abstrak. Banyak saperti itu atau yang seperti itu. Kata-kata dibiarkan menumpuk dalam karung. Tapi itulah orang Melayu. Kadang berlebihan. Puisi Kunni juga berdecak. Di sana ada tetesan pantun, syair, mantra dan lainnya serta penuh dengan kata-kata ke-Melayu-an. Kunni penyair potensial," kata Soetardji.
 
Selain Soetardji, penyair lain hadir seperti Yoserizal Manua, Asrizal Nur, Rohani Dien dari Singapura, juga menyampaikan banyak kesan dan pesan terhadap puisi-puisi Kunni. Mereka juga membacakan puisi-puisi tersebut. 
 
"Mungkin karena Kunni juga menggeluti teater, maka puisi-puisinya memiliki karakter sendiri. Teratur. Ada klimaks, anti klimaks, ada opening dan ending layaknya sebuah teater. Sebagian puisi-puisinya sangat hidup," terang Yoserizal Manua penyair yang juga dosen teater di Institut Kesenian Jakarta (IKJ).
 
Puluhan tamu yang memenuhi ruang tengah HB Jassin cukup antusias mengajukan pertanyaan saat dibuka forum diskusi setelah para penyair tersebut menyampaikan testimoni dan membacakan puisi-puisi Kunni. 
 
Cara Asrizal Nur membacakan puisi berjudul orang-orang minyak dengan satu nafas, juga membuat tamu yang lain semakin penasaran untuk membacakan puisi-puisi Kunni berikutnya.
 
Kepala Pelaksana PDS HB Jassin, Ariany Isna Murti atau yang akrab disapa Rini, menyebutkan, peluncuran buku Puisi perempuan Bulan di PDS HB Jassin merupakan sebuah anugerah yang mesti disambut baik demi keberlangsungan generasi para penulis atau penyair.
 
"Kunni sudah berjalan, sudah naik ke anak tangga dan dia harus diberi peluang untuk naik ke anak tangga berikutnya. Peluncuran buku hari ini (kemarin, red) sangat istimewa. Sederhana, tapi tamunya luar biasa," sebut Rini.
 
Peluncuran buku ditandai dengan penyerahan buku dari Kunni pada PDS HB Jassin dan para penyair Indonesia serta penandatanganan poster Perempuan Bulan. Tidak hanya para penyair, tamu-tamu yang lain juga turut menandatangani poster tersebut. 
 
"Berkat dukungan PDS HB Jassin maka Perempuan Bulan bisa diluncurkan di Jakarta. Pada 21 April, buku ini juga akan dibedah di Fakultas Ilmu Budya (FIB) Universitas Lancang Kuning (Unilak)," sebut Kunni saat menyampaikan sepatah dua kata dalam acara tersebut.
 
Perempuan Bulan yang berisi 99 puisi dan dilengkapi beberapa ilustrasi ini merupakan buku kedua setelah Sunting.Di dalamnya menceritakan banyak hal, seperti masalah kehidupan, sosial, lingkungan, sayang dan rindu. 
 
"Perempuan Bulan hanya sebuah judul. S(fat)iapa saja bisa menjadi Perempuan Bulan, bisa juga tidak,’’ kata Kunni yang tercatat salah seorang jurnalis di Riau ini, saat menjawab pertanyaan para peserta pada acara peluncuran buku tersebut.
 
R24/rul/rls
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

SUMARNI
Jumat, 15 April 2016 07:18 wib
SLAMAT YA MBAK KUNNI atas peluncuran bukunya
Amek
Jumat, 15 April 2016 07:17 wib
Lai asli tu penyair ? Setahu den, si kunni tu wartawan di riau pos
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru