riau24 Gempa Dahsyat Kembali Menguncang Jepang | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Internasional

Gempa Dahsyat Kembali Menguncang Jepang

0
Berita Riau -  Gempa Dahsyat Kembali Menguncang Jepang
Jakarta, Riau24.com - Gempa berkekuatan 6.3 skala Ritcher (SR) yang mengguncang wilayah Jepang, menyebabkan setidaknya 9 orang tewas dan lebih dari 250 terluka. Bahkan beberapa bangunan runtuh dan aliran listrik terputus. Pihak otoritas Jepang mengatakan, jumlah korban dalam gempa tersebut kemungkinan besar akan bertambah karena dikhawatirkan masih banyak warga yang terjebak dalam reruntuhan bangunan.

Operasi penyelamatan yang dilakukan untuk menyelamatkan warga oleh tentara Jepang, sempat terhenti karena gempa susulan masih terjadi, seperti yang dilansir dari BBC, Jumat (15/4/2016). Namun sampai sejauh ini, belum ada peringatan tsunami.

Gempa ini juga menyebabkan ribuan orang terpaksa mengungsi dan banyak di antara mereka harus menghabiskan malam di tenda terbuka di kota Mashiki, dekat kota Kumamoto di Pulau Kyushu.

Menurut pantauan otoritas, dua nuklir reaktor Sendai di Kyushu masih berjalan normal, walaupun sebanyak tiga reaktor Genkai ditutup sementara karena adanya inspeksi rutin.

Petugas Palang Merah Jepang, Yasuhiro Soshino mengatakan saat ini mereka sudah merawat korban lebih dari 250 orang dengan 15 korban terluka parah.

Gempa yang melanda Jepang berkekuatan 6,3 skala Ritcher (SR) terjadi pada pukul 21.26, Kamis (14/4/2016) di timur Perfektur Kumamoto.  Namun pada tengah malam, gempa susulan kemudian terjadi lagi di kedalaman 10 kilometer dengan kekuatan 5,7 SR dan 40 menit kemudian, pada Jumat dinihari,

Selain itu, Kantor seismologi Jepang mencatat gempa susulan di berbagai tempat di Pulau Kyushu itu memiliki magnitude besar mirip dengan 9 gempa yang terjadi pada 2011.
alexa.com


R24/dev
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru