riau24 Nasib 14 WNI di Tangan Abu Sayyaf | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Nasional

Nasib 14 WNI di Tangan Abu Sayyaf

0
Berita Riau -  Nasib 14 WNI di Tangan Abu Sayyaf
Riau24.com - Dua kapal berbendera Indonesia dibajak di perairan Malaysia-Filipina, tepatnya di perbatasan antara Tawi-tawi, Filipina, dengan Sempurna, Malaysia. Ada sekitar 10 orang warga negara Indonesia (WNI) yang berada di dalam kapal tersebut.

Dua kapal tersebut yaitu Kapal Tunda TB Henry dan Kapal Tongkang Cristi dibajak dalam perjalanan kembali dari Cebu, Filipina, menuju Tarakan. Saat kejadian, 1 orang ABK tertembak, 5 orang selamat dan 4 orang diculik.

Diduga kuat WNI itu diculik oleh kelompok Abu Sayyaf. Pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI pun sudah berkoordinasi dengan kedua pemerintahan negara tetangga yaitu Malaysia dan Filipina.

"Kementerian Luar Negeri telah berkordinasi langsung dengan manajemen perusahaan untuk mendapatkan informasi mengenai detail peristiwa tersebut. Saat ini Kementerian Luar Negeri juga terus melakukan koordinasi dan konsultasi dengan pihak di dalam negeri maupun di Malaysia dan Filipina," ucap Direktur Perlindungan WNI Kemenlu RI Lalu M Iqbal dalam siaran persnya, Sabtu (16/4/2016).

Satu ABK yang mengalami luka tembak diselamatkan oleh Polisi Maritim Malaysia ke wilayah Malaysia. Sementara itu, 5 ABK lain yang selamat bersama kedua kapal dibawa oleh Polisi Maritim Malaysia ke Pelabuhan Lahat Datu, Malaysia.

Sementara nasib 4 WNI yang diculik belum diketahui pasti. Sebelumnya 10 WNI masih dalam genggaman Abu Sayyaf.

Mereka meminta uang tebusan 50 juta Peso atau setara Rp 15 miliar. Militer Filipina sempat menggempur kelompok itu meski kemudian gagal.

Kini sudah ada 10 WNI yang menjadi sandera kelompok Abu Sayyaf. Pemerintah RI pun terus berkoordinasi dan menyusun opsi-opsi untuk menyelamatkan kesepuluh sandera tersebut. 
(dhn/dhn)

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru