riau24 Rangga Amri; IOR Salah Satu Solusi Meminimalisir Balapan Liar | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Ikatan Otomotif Riau

Rangga Amri; IOR Salah Satu Solusi Meminimalisir Balapan Liar

0
Berita Riau -  Rangga Amri; IOR Salah Satu Solusi Meminimalisir Balapan Liar

Pekanbaru, Riau24.com - Kita sudah sering membaca, melihat dan mendengar kata Otomotif tetapi pernahkah Anda bertanya tentang pengertian otomotif itu sendiri. Otomotif adalah ilmu yang mempelajari tentang alat transportasi darat yang menggunakan mesin seperti mobil dan sepeda motor. Dengan makin banyaknya kendaraan darat seperti mobil dan motor yang diproduksi maka otomotif pun mulai berkembangan menjadi sebuah cabang ilmu yang diajarkan di dunia pendidikan. Dan dengan semakin kompleksnya alat transportasi darat seperti mobil dan sepeda motor maka ribuan komponen yang digolongkan kedalam puluhan sistem dan subsistem. Maka dari itu ilmu otomotif ini pun berkembang luas dan mencangkup ke semua sistem dan subsistem.

Perkembangan otomotif di Riau sendiri tidak bisa dikatakan surut, tetapi mulai tenggelam. Berangkat dari hal tersebut, Ikatan Otomotif Riau (IOR) yang telah berdiri 6 tahun tetap konsisten hingga saat ini sebagai wadah para pencinta otomotif. Rangga Amri, pembina IOR sangat prihatin dengan menurunnya perkembangan otomotif di Riau.
"Perkembangan otomotif di Riau bukan surut lagi tetapi sudah tenggelam, mulai dari klub motor sampai klub mobil sudah banyak terpecah, jadi sekarang yang harus dipikirkan bagaimana untuk menyatukannya,"ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rangga mencoba memaparkan bagaimana sebenarnya otomotif itu.
"Banyak yang berpikir otomotif hanya sekedar balap liar, tindak kriminal hingga begal. Padahal itu semua tidak benar. IOR justru menyediakan wadah untuk anak muda yang hobi balapan, karena IOR menyadari akan banyak dampak negatif yang disebabkan oleh balapan liar. Hobby balap yang jika ada ditempatnya akan melahirkan prestasi, sementara balap liar justru dapat merenggut nyawa,"tandasnya.

Lebih lanjut, Rangga menjelaskan bahwa IOR tidak hanya menyediakan atau menyelenggarakan event balap. IOR juga mencoba merangkul para pelaku balap liat dari beberapa klub motor. Selain itu, IOR juga sudah banyak melakukan event-event lainnya tidak terkecuali kegiatan sosial.

Untuk keanggotaan IOR, Rangga mengatakan anggota IOR menaungi beberapa klub. Ada sekitar 15 pembalap yang telah berprestasi dalam binaan IOR.
"Di IOR ada 32 pengurus dan menaungi beberapa klub mobil maupun motor. Klub-klub tersebut kami rangkul karena luput dari perhatian IMI. Harapan kedepannya, IOR dapat menjadi salah satu yang dapat membantu pemerintah dalam meminimalisir balapan liar. Karena kami berencana akan membuat sirkuit,"jelasnya.

Senada dengan pembina IOR, Oriza Tria Nadia yang sudah 3 tahun menjabat sebagai sekretaris di IOR memaparkan dengan detail mengenai keanggotaan IOR.
"Ada 32 pengurus IOR dengan jumlah klub 15 se Pekanbaru. Dan kami tidak langsung puas dengan hal tersebut, karena itu kami tetap membuka kesempatan untuk yang ingin bergabung disini. Kami juga telah melakukan kerjasama dengan tim-tim lain diluar Pekanbaru. Selain itu, IOR juga membuka peluang untuk menghimpun ketua-ketua klub untuk sama-sana memberikan pembinaan dan pemahaman terhadap bahaya balapan liar,"tutupnya.

R24/mla

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru