riau24 Pelantikan Ditunda, Masyarakat Rohul: Pemerintah Jangan Mau Diobok-Obok Mendagri | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Pelantikan Ditunda, Masyarakat Rohul: Pemerintah Jangan Mau Diobok-Obok Mendagri

0
Berita Riau -  Pelantikan Ditunda, Masyarakat Rohul: Pemerintah Jangan Mau Diobok-Obok Mendagri
Pekanbaru, Riau24.com- Pelantikan dua kepala daerah yakni Rokan Hulu Suparman-Sukiman dan Pelalawan Harris-Zarwedan hari ini, Selasa (19/4/2016) ditunda secara mendadak oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) hingga waktu yang belum ditentukan. Keputusan ini menyulut emosi masyarakat Rohul dan mendesak agar Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman untuk melantik Suparman-Sukimin hari ini juga.

Siang ini, Simpatisan Suparman-Sukiman, Ketua DPRD Rohul Zulkarnain, perangkat desa dan beberapa perwakilan masyarakat Rohul padati ruang medium DPRD Provinsi Riau untuk menyampaikan kekecewaan mereka terhadap keputusan penundaan pelantikan Bupati Rohul.

Koordinator lapangan, Abdul Wahid sambil meneteskan air mata, menyampaikan rasa kekecewaannya yang mendalam terkait penundaan ini. "Kami atas nama Rohul, sangat sedih. Kami merasa sudah dicederai oleh Mendagri. Kami ingin Bupati kami dilantik hari ini juga, karena tidak ada alasan untuk mereka tidak dilantik," ujarnya.

Senada dengan wanita paruh baya yang mengenakan pakaian berwarna kuning yang juga merupakan simpatisan, sebelum mengungkapkan rasa kecewanya, ia meneriakkan "Suparman-Sukiman, Bupati Rohul. Titik."

"Kami mendapat undangan untuk menghadiri pelantikan hari ini. Tadi malam sampai jam 10, masih ada gladi bersih dan masih disebutkan bahwa Bupati Rohul akan dilantik. Lalu kami pulang dengan hati lapang. Namun tiba-tiba ada pemberitahuan tengah malam bahwa Bupati kami tidak jadi dilantik. Ada apa ini? Kami masyarakat Rohul tidak terima hak kami diobok-obok. Kami kecewa dan terluka atas keputusan Mendagri. Dan pemerintah juga jangan mau diobok-obok oleh Mendagri," katanya.

Kami masyarakat Rohul ini mempunyai hak, sambungnya. Kami sudah melakukan segala proses Pilkada dengan kondusif hingga kepada Sidang Mahkamah Konstitusi yang menetapkan Suparman-Sukiman sebagai Kepala Daerah Rohul Terpilih.

"Kami datang kesini hanya untuk menghadiri pelantikan Bupati kami. Jam 7.30 kami sudah disini, dicegat dengan pengumuman bahwa pelantikan akan ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan. Kami tidak terima. Kami akan tunggu dan kami akan bertahan disini sampai Bupati kami dilantik. Tidak ada alasan untuk Bupati kami tidak dilantik. Coba tunjukkan, Undang-Undang mana yang menunjukkan kalau Bupati kami tidak bisa dilantik. Pelantikan Bupati Rohul harus dilaksanakan hari ini. Pokoknya harga mati, Bupati kami harus dilantik," lanjutnya.

Selain itu, Wakil Ketua DPRD Rohul, Zulkarnain juga menegaskan hal serupa. "Kalau mau jujur, kenapa tidak dari kemarin-kemarin dikatakan kalau pelantikan tidak jadi. Dari awal Pilkada kita lakukan sesuai dengan UU yang berlaku. Namun hari ini, kenyataannya, saat mau dilantik, tiba-tiba ada pengumuman kalau pelantikan ditunda. Ini merupakan pelecehan terhadap kami. Kami mohon masalah ini bisa dituntaskan oleh Pak Plt Gubri. Hari ini kita datang kesini, kita minta jawaban dari bapak-bapak. Tidak ada kata lain, hari ini Suparman-Sukiman harus dilantik," tegasnya.

Pertemuan ini dihadiri oleh Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie, Kapolda Riau dan Pimpinan DPRD Riau.

R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru