riau24 Ini Isi Surat Telegram Mendagri Kepada Pemprov Riau | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Ini Isi Surat Telegram Mendagri Kepada Pemprov Riau

0
Berita Riau -  Ini Isi Surat Telegram Mendagri Kepada Pemprov Riau

Pekanbaru, Riau24.com- Penundaan pelantikan dua Kepala Daerah Terpilih, Rohul Suparman-Sukiman dan Pelalawan Harris-Zarwedan dipastikan oleh Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman malam tadi dengan mendapat surat telegram dari Kemendagri.

Dari beberapa sumber yang dihimpun Riau24.com, surat telegram itu masuk ke Pemprov Riau pukul 23.00 malam tadi, dan kiriman telegram ini sebagai dasar penundaan pelantikan secara tertulis.

Surat tersebut ditujukan kepada Plt Gubernur Riau dengan tembusan ke beberapa pihak seperti Kemendagri sebagai laporan, Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hulu, Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu.

Dalam surat itu tertulis empat poin penting yang harus dilaksanakan oleh Plt Gubernur Riau. Surat ini dilayangkan sehubungan dengan berakhirnya jabatan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu hari ini, Selasa (19/4/2016) dan setelah pihak Mendagri berkoordinasi dengan aparat penegak hukum terkait kasus korupsi yang menyeret nama Bupati Rohul Terpilih, Suparman.

Poin pertama yang ditulis dalam surat tersebut adalah pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Rohul ditunda sampai dengan adanya kebijakan lebih lanjut dari pemerintah. Kedua, mengingat pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan direncanakan dilangsungkan bersamaan dengan Bupati dan Wakil Bupati Rohul maka pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan selanjutnya disesuaikan dengan agenda Plt Gubernur Riau.

Ketiga, untuk menghindari terjadinya kekosongan pimpinan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Rohul maka diminta kepada Sekda Kabupaten Rohul untuk melaksanakan tugas Bupati Rohul sampai dengan adanya kebijakan lebih lanjut dari pemerintah. Terakhir, disampaikan bahwa sehubungan dengan hal tersebut maka agar Plt Gubernur Riau dapat memberitahukan hal ini kepada Sekda Rohul.

Andi Rachman yang ditemui wartawan usai acara pertemuan dengan simpatisan, Wakil Ketua DPRD dan tokoh masyarakat Rohul mengungkapkan bahwa pihaknya merupakan perpanjangan tangan dari Pemerintah Pusat dan akan melaksanakan keputusan dari Pemerintah Pusat.

"Kita ini perpanjangan tangan Pemerintah Pusat. Apapun keputusan Pemerintah Pusat, itu yang akan kita laksanakan," ujar Andi.

Ditanyai mengenai alasan Mendagri mengirim surat telegram pada tengah malam hari, dengan santai Andi menjawab bahwa hal itu hanya merupakan masalah administrasi. "Mengapa Mendagri mengirim surat tengah malam, saya rasa itu masalah administrasi. Tapi yang jelas, sudah kita terima," imbuhnya.

R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru