riau24 Dua Masalah Ekonomi Global Disampaikan Menkeu | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Bisnis

Dua Masalah Ekonomi Global Disampaikan Menkeu

0
Berita Riau -  Dua Masalah Ekonomi Global Disampaikan Menkeu

Riau24.com – Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, dalam rangkaian pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia (IMF-World Bank Spring Meetings) menyampaikan dua hal penting terkait permasalahan ekonomi global.

Sebagai Chair of Joint IMF/World Bank Development Committee (DC Chair), permasalahan itu disampaikan Bambang dalam sidang ECOSOC di Markas Besar PBB New York, Amerika Serikat. 

Sidang ini merupakan tindak lanjut dari pembahasan Addis Ababa Action Agenda (AAAA), khususnya di bidang pembiayaan pembangunan berkelanjutan.

“Dalam kesempatan ini, saya ingin membagi pandangan mengenai dua hal. Pembiayaan infrastruktur dan kerja sama perpajakan internasional,” ujar Bambang dalam sambutannya seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan, Rabu, 20 April 2016.

Menurut Bambang, pembiayaan infrastruktur menjadi salah satu poin paling krusial, karena investasi di sektor tersebut memainkan peran yang cukup signifikan dalam mengurangi kesenjangan ekonomi antarnegara. 

“Paling penting, tidak hanya terkait konektivitas fisik tetapi juga konektivitas virtual,” kata dia.

Terkait dengan masalah perpajakan internasional, pembahasan hal itu lebih terfokus kepada praktik penghindaran pajak serta tindak pidana pencucian uang. 

Guna mengatasi masalah tersebut, Bambang mendorong negara-negara Asia Pasifik agar mendukung pelaksanaan inisiatif global.

Inisiatif tersebut, di antaranya Base Erosion and Profit Sharing (BEPS) dan Automatic Exchange of Information (AEol) yang akan dilaksanakan secara penuh pada 2018. 

“Tidak akan ada negara atau individu yang dapat bersembunyi ketika ini diimplementasikan,” tutur Bambang.

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru