riau24 Sempena Hari Konsumen Nasional, Pasar Limapuluh Diresmikan | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Sempena Hari Konsumen Nasional, Pasar Limapuluh Diresmikan

0
Berita Riau -  Sempena Hari Konsumen Nasional, Pasar Limapuluh Diresmikan
Pekanbaru, Riau24.com- Bertepatan dengan peringatan Hari Konsumen Nasional yang bertemakan konsumen cerdas, mandiri dan cinta produk dalam negeri, hari ini, Rabu (20/4/2016) Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru resmikan pembangunan pasar rakyat limapuluh, los pasar rumbai dan pasar teratai madani di area pasar limapuluh Kelurahan Pesisir Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru.
 
Dalam acara peresmian ini dihadiri pula oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Forkopimda, Sekda Pekanbaru, Disperindag Provinsi Riau, Asisten Pemko Pekanbaru, Kapolresta Pekanbaru, Kejaksaan, Pengadilan serta staf ahli dan kepala dinas, kepala kantor dan kepala badan di lingkungan Pemko Pekanbaru.
 
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Azwan mengatakan pasar limapuluh yang diresmikan hari ini seluas 2270 meter persegi dengan 102 kios serta bersumber dana dari APBN-P 2015 sejumlah delapan milyar.
 
"Revitalisasi pasar limapuluh yang saat ini diresmikan baru tahap pertama. Nanti akan ada pembangunan tahap kedua yang terletak di bagian belakang pasar dengan dua lantai. Pembangunan ini setidaknya akan menelan biaya Rp 15 milyar," ungkap Azwan ketika menyampaikan laporan.
 
Selanjutnya, sambung Azwan, untuk pasar rumbai adalah seluas 349,11 meter persegi dengan 63 los dan menelan biaya Rp 1,6 milyar dari dana BAK 2015. Lalu pasar teratai madani, luasnya 2700 meter persegi dengan 150 los dan memakan biaya Rp 2,7 milyar dari APBD Kota Pekanbaru tahun 2015.
 
Walikota Pekanbaru, Firdaus mengungkapkan pada tahun 2017 mendatang pembangunan seluruh pasar limapuluh harus tuntas. "Nantinya pasar ini bisa dikelilingi atau dilalui orang-orang dan kendaraan. Jadi sirkulasi udaranya bagus, mobilisasi barang jadi mudah dan akses masyarakat untuk kesini juga mudah," ungkapnya.
 
Tak hanya itu, Firdaus juga mengatakan akan menganggarkan Rp 600 juta untuk penggantian meja-meja tempat berjualan pedagang yang telah rusak di pasar rumbai. Sedangkan untuk pasar teratai madani, juga akan dibangun sebanyak dua lantai.
 
Terakhir, Pemko Pekanbaru menyerahkan 200 timbangan pegas kepada pedagang. Hal ini dilakukan agar pedagang tak lagi menggunakan timbangan plastik. Sebanyak 200 timbangan ini dibagi kepada dua pasar yakni 100 timbangan untuk pedagang pasar limapuluh dan 100 timbangan untuk pedagang pasar dupa.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru