riau24 Kisah Pilu Ibu di Rembang, Rumah Seharga 10 Milyar Harus Disita Hanya Karena Hutang 30 Juta | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Peristiwa

Kisah Pilu Ibu di Rembang, Rumah Seharga 10 Milyar Harus Disita Hanya Karena Hutang 30 Juta

1
Ibu Masruroh
Berita Riau -  Kisah Pilu Ibu di Rembang, Rumah Seharga 10 Milyar Harus Disita Hanya Karena Hutang 30 Juta
Jakarta, Riau24.com - Seorang wanita dengan balutan pakaian dan kerudung berwarna hitam, berteriak-teriak histeris di depan Pengadilan Negeri (PN) Rembang, Senin (11/4).

Sontak teriakannya membuat sejumlah pegawai di PN Rembang berhamburan keluar.

Masuroh, warga Desa Manggar, Kecamatan Sluke, Rembang itu mendatangi PN Rembang bersama karyawan, saudara dan anaknya. Dengan membawa poster yang bertuliskan pemintaan kepada PN Rembang sebagai pihak eksekutor untuk membatalkan eksekusi bangunan dan lahan seluas satu hektare miliknya.

"Kami meminta keadilan hukum kepada PN Rembang. Masa tanah dan bangunan senilai Rp 10 miliar mau dieksekusi gara-gara hutang Rp 30 juta," teriak Masruroh sambil beberapa kali mengusap air matanya.

"Kasihani kami sebagai orang kecil. Saya tidak terima hanya hutang Rp 50 juta tapi bangunan dan tanah saya diambil," ucapnya terisak-isak.

Sambil terus menangis, Masruroh bercerita alasan pihak PN akan mengeksekusi bangunan dan lahannya.

Ternyata semua menyangkut hutang piutang dengan pihak Bank Danamon.
Tahun 2007 yang lalu, Masruroh mengambil pinjaman untuk danan usahanya sebesar Rp 50 juta di Bank Danamon Pamotan Rembang. Ia pun menjaminkan sertifikat tanah dan bangunan.

"Saya sudah mengangsurnya hingga Rp 20 juta. Kemudian pada 2010 angsuran sempat macet enam bulan karena tertimpa musibah, suami saya meninggal dunia," jelasnya.

Meskipun demikian, ia mengaku tetap berusaha membayar kekurangannya. Pada 2010, karena keterbatasan dana, ia pun hanya membawa uang Rp 20 juta dahulu. Sisanya, Rp 10 juta akan dibayarkan setelah itu.

Ia mengaku, sesampai di bank, pihak bank menolak uang Rp 20 juta tersebut. Bank tetap meminta uang sebanyak Rp 30 juta langsung dilunasi.

"Saya pun berusaha mencari kekurangannya. Namun tiba-tiba ada surat pemberitahuan eksekusi karena sudah ada pihak yang memenangkan lelang," imbuhnya.

Ia pun sempat menuntut pihak Bank Danamon di PN Rembang. Namun pihaknya kalah dan kemudian saat ingin mengajukan banding, sudah melewati batas pengajuan banding. Upaya hukum lain, peninjauan kembali (PK) pun diajukan pihaknya. Hingga sekarang, proses hukum masih berjalan. Karena ia belum menerima memori putusan PK.
Masruroh sempat diijinkan masuk kedalam PN untuk berdiskusi dengan pihak PN.
Ssmentara, anak Masruroh, Muhammad Solikhul Afif mengatakan selama rentang pembayaran, pihak bank tidak ada yang mencoba menemui keluarganya untuk meminta segera membayar kekurangan.

Permintaan Masruroh dan keluarganya warga Desa Manggar, Kecamatan Sluke, Rembang kepada PN Rembang untuk membatalkan eksekusi tampaknya tidak terealisasi. Pihak PN Rembang mengatakan putusan pemenang lelang terhadap lahan dan bangunan milik Masruroh sudah diputuskan lima tahun yang lalu.

"Pemenang lelang sudah diputuskan lama. Pembatalan atau penundaan eksekusi sudah tidak bisa dilakukan," ucap Wakil Panitera PN Rembang, Hasan Udi, Senin.

Selain itu, terkait proses hukum yang tengah berjalan, yakni Peninjauan Kembali (PK), hal itu, kata dia tetap tidak mempengaruhi eksekusi. "PK tidak mempengaruhi proses eksekusi. Tetap berjalan. Namun jika Masruroh menang, tentu saja lahan dan bangunan akan dikembalikan, meskipun sudah dieksekusi," tandasnya.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Sabtu, 18 November 2017 09:33 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/JEXULa0.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru