riau24 Banyak Hotel Baru, Yuliasman: Bertambahnya Hotel Tak Identik dengan Penambahan Pajak | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Banyak Hotel Baru, Yuliasman: Bertambahnya Hotel Tak Identik dengan Penambahan Pajak

0
Berita Riau -  Banyak Hotel Baru, Yuliasman: Bertambahnya Hotel Tak Identik dengan Penambahan Pajak
Pekanbaru, Riau24.com- Banyaknya hotel dan restoran di Pekanbaru ternyata belum tentu berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan Asli Daeraj (PAD) Pekanbaru. Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Pekanbaru, Yuliasman mengatakan bertambahnya hotel tidak identik dengan penambahan pajak.
 
"Pertumbuhan hotel baru itu ada pengaruh terhadap PAD. Tapi berapa kontribusi penambahannya itu belum bisa kita tetapkan. Naik atau turunnya pajak ini bisa signifikan kalau kunjungan ke Pekanbaru bertambah," ungkap Yuliasman, Rabu (20/4/2016).
 
Yuliasman mencontohkan, misalnya ada dua hotel baru, belum tentu akan ada peningkatan secara signifikan terhadap pajak karena mungkin hotel lama yang biasa dikunjungi pelanggan, berpindah ke hotel yang baru. "Tapi kemungkinan penambahannya ada," sebutnya.
 
Jika dibandingkan dari segi jumlah, lanjut Yuliasman, berdasarkan triwulan pertama tahun lalu, ada peningkatan pajak. Namun apakah peningkatan itu akibat dari penambahan hotel, atau karena banyaknya pengunjung yang datang ke Pekanbaru, itu yang harus dipelajari.
 
Yuliasman juga mengungkapkan bahwa selama ini pengusaha hotel dan restoran taat terhadap pajak. "Mereka kan melaporkan sendiri berdasarkan jumlah kunjungan dan tarif mereka. Setiap sebelum tanggal 15, mereka menyampaikan laporan kunjungan ke Kantor Dispenda," ungkapnya.
 
Ditanyai mengenai pengusaha yang belum mengerti mengenai cara menghitung pajak, Yuliasman menuturkan itu merupakan hal yang biasa. "Itu kan karena mereka baru. Bisa jadi personil mereka belum mengerti. Kalau pengusaha memang jarang yang mengerti itu secara teknis. Tapi secara kewajiban, pasti mereka tau," tuturnya. 
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru