riau24 Kadishub Optimis Pertahankan Penghargaan WTN | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Dumai

Kadishub Optimis Pertahankan Penghargaan WTN

0
Berita Riau -  Kadishub Optimis Pertahankan Penghargaan WTN

Dumai, Riau24.com - Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemko) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai kembali mengikuti lomba Wahana Tata Nugraha (WTN).

WTN adalah penghargaan yang diberikan kepada kota-kota yang mampu menata lalu lintas dan transportasi publik secara tertib, aman, nyaman dan berkelanjutan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Bambang Sumantri optimis pihaknya mampu mempertahankan penghargaan WTN yang telah berhasil diraih Kota Dumai sejak 2013 hingga 2015.

“ Saya optimis Dumai mampu meraih kembali penghargaan WTN. WTN adalah penghargaan yang diberikan kepada kota-kota yang mampu menata lalu lintas dan transportasi publik secara tertib, aman, nyaman dan berkelanjutan,” ungkap Bambang Sumantri, kemarin.

Menurut Mantan Kadisdukcapil Kota Dumai ini, ada perubahan yang signifikan dibidang lalulintas, untuk itu pihaknya optimis mampu mempertahankan penghargaan WTN.

Berbagai pembenahan sudah dilaksanakan seperti memperbaiki Traffic Light yang rusak, membuat rambu-rambu zona sekolah, membuat marka jalan, memaksimalkan fungsi trotoar, memaksimalkan fungsi terminal AKAP dan penataan parkir dipinggir jalan.

Informasi yang diperoleh, penilaian akan dilaksanakan pada Juni 2016 mendatang. untuk melakukan penilaian, tim akan turun kelapangan untuk melakukan penilaian langsung dilapangan.

“ Pada dasarnya, WTN bukan semata-mata ajang perlombaan untuk mendapatkan juara, melainkan esensi terpentingnya, tim penilai dari pusat akan memberikan rekomendasi-rekomendasi yang biasanya akan disampaikan langsung kepada Pemerintah Daerah terkait hal-hal yang harus dilakukan dan dibenahi dalam rangka menata lalu lintas dan transportasi publik secara tertib, aman, nyaman dan berkelanjutan,” jelasnya.

Melalui penilaian ini, Kadishub juga berharap dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat secara menyeluruh khususnya dibidang lalulintas.

Dan untuk mendukung penilaian, Dishub telah mencanangkan daerah percontohan kawasan tertib lalulintas (KTL) dijalan jendral Sudirman Dumai. Pembangunan KTL diharapkan dapat membangun budaya tertib lalu lintas bagi masyarakat Kota Dumai.

Lebih lanjut, Bambang Sumantri mengatakan bahwa pembangunan KTL sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ).

“ KTL akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Traffic Light, lokasi parkir yang baik, marka jalan, alat pemberi isyarat lalulintas, dan sarana pendukung lainnya seperti yang diatur didalam UU lalulintas dan angkutan jalan,” tukasnya.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru