riau24 Hilangkan Selembar Arsip, Gubernur Bisa Didenda Ratusan Juta | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Hilangkan Selembar Arsip, Gubernur Bisa Didenda Ratusan Juta

0
ilustrasi
Berita Riau -  Hilangkan Selembar Arsip, Gubernur Bisa Didenda Ratusan Juta
Pekanbaru, Riau24.com- Arsip mampu mengurai sejarah dan menjadi bukti pernah dilaluinya suatu peradapan. Meski demikian, masih saja banyak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang belum menyadari akan hal itu.
 
"Arsip berguna sebagai catatan sejarah. Kehilangan selembar arsip saja bisa didenda. SKPD yang menghilangkan satu arsip didenda Rp300 juta dan Gubernur didenda Rp500 juta. Dari situ saja sudah menegaskan bahwa arsip itu berharga," papar Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Riau, Yoserizal Zein, Jumat (22/4/2016) di Pekanbaru.
 
Ia menerangkan, sesuai Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kerasipan, setiap SKPD wajib memiliki arsiparis minimal empat orang. Namun kenyataan di lapangan berbanding terbalik, justru masih banyak SKPD yang menganggap sepele keberadaan arsip dan perlunya seorang arsiparis.
 
"Arsip itu penting, harus dijaga. Sudah ada UU yang mengaturnya. Namun dalam implementasinya memang masih ada SKPD yang tidak mengikuti aturan," jelasnya.
 
 
R24/adi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru